Jika dikerucutkan lagi, sebanyak 66,28 persen di antaranya mengalami kenaikan omzet rata-rata tahunan hingga 50 persen setelah menggunakan platform online untuk usahanya.
Tak cuma itu, hasil riset Indef juga menemukan 50 persen dari total responden yang merupakan pelaku UMKM, memilih platform online, seperti Shopee untuk berjualan online dalam satu tahun terakhir.
Menurutnya, aplikasi digital banyak digunakan UMKM. Sebab, menggunakan e-commerce lebih praktis dan membantu mereka mendapatkan exposure dan jangkauan pasar yang lebih luas.
Hal ini memungkinkan proses pertumbuhan bisnis berjalan lebih cepat. Namun, yang menjadi catatan Indef bagi seluruh pemain e-commerce, meskipun terjadi pertumbuhan, keterampilan digital tetap menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM.
“Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan bisnis adalah dengan mengikuti program edukasi atau pelatihan UMKM yang diadakan oleh berbagai platform e-commerce,” ucap dia.