JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengangkut sebanyak 23.022.715 penumpang sepanjang 2021. Angka tersebut mengalami penurunan 27 persen dibanding 2020 sebanyak 31.537.898 penumpang.
Hal tersebut dikarenakan, pada awal 2020 masih belum terdapat pembatasan mobilitas masyarakat serta kapasitas pada angkutan kereta api (KA). Adapun layanan angkutan penumpang KAI Group terdiri dari KA Jarak Jauh, KA Lokal, KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta - Solo, KA Bandara, KA Wisata, dan LRT Sumatera Selatan.
“Rinciannya adalah 10.187.687 pelanggan KA Jarak Jauh dan 12.835.028 pelanggan KA Lokal. Jumlah tersebut turun 27 persen dibanding tahun 2020 sebanyak 31.537.898 pelanggan,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Jumat (21/1/2022).
Joni menuturkan, puncak volume angkutan KA Jarak Jauh dan KA Lokal terjadi pada Desember 2021 dengan jumlah 3.214.455 pelanggan per bulan.
"Sedangkan volume terendah terjadi pada bulan Agustus dengan jumlah 568.564 pelanggan per bulan. Rata-rata dalam setiap bulan di tahun 2021, KAI melayani 1.918.560 pelanggan per bulan,” kata dia.