Kampanye Prabowo dan Konektivitas Budaya dalam Landscape Marketing di Indonesia

Rizqa Leony Putri
Kampanye Prabowo dan Konektivitas Budaya dalam Landscape Marketing di Indonesia. (Foto: Ilustrasi/ist)

Misalnya, merek barang konsumen mungkin menggunakan teknik bercerita yang membangkitkan emosi dan resonansi sekaligus memastikan pesan mereka tetap jelas dan mudah diakses. Dengan memenuhi beragam preferensi konsumen Indonesia, dunia usaha dapat secara efektif melibatkan audiens target mereka dan mendorong loyalitas merek.

Intinya, keberhasilan dalam lanskap barang konsumsi yang kompetitif di Indonesia memerlukan lebih dari sekedar produk yang luar biasa: Hal ini memerlukan pemahaman yang berbeda mengenai budaya dan pendekatan yang disesuaikan dengan keterlibatan konsumen.

Dengan merangkul keragaman budaya Indonesia yang kaya dan menyesuaikan strategi mereka, dunia usaha dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Perspektif Pemasaran Emic vs Etic

Terkait pemasaran di Indonesia, dunia usaha harus memahami dan mengapresiasi pendekatan emic (perspektif budaya internal) dan etic (perspektif budaya eksternal).

Pemasaran emic melibatkan pemahaman nilai, norma, dan kepercayaan suatu budaya dari dalam budaya itu sendiri, sedangkan pemasaran etic mengacu pada analisis budaya dari sudut pandang orang luar.

Misalnya, pendekatan pemasaran yang emic di Indonesia mungkin melibatkan pendalaman budaya lokal, memahami nuansa gotong royong, dan menyusun pesan-pesan pemasaran yang sesuai dengan nilai-nilai komunal.

Di sisi lain, pendekatan etic mungkin melibatkan pelaksanaan riset pasar untuk mengidentifikasi tren budaya secara menyeluruh dan kemudian menyesuaikan strategi pemasaran.

Dengan merangkul perspektif emic dan etic, dunia usaha dapat mengembangkan strategi pemasaran yang sensitif secara budaya dan efektif dalam menarik konsumen Indonesia.

Oleh:

DR. Rudolf Tjandra
CEO/Presiden Direktur PT Sasa Inti

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Bisnis
1 tahun lalu

Masa Depan Cerah Perusahaan Produk Konsumen Indonesia

Health
1 tahun lalu

Peduli Fenomena Insecurity Generasi Muda, SASA Luncurkan Kampanye #BeYouBeConfident

Bisnis
1 tahun lalu

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, PT Sasa Inti Bangun PAUD dan PLTS hingga PNB 

Bisnis
2 tahun lalu

Wujud Nyata TJSL, PT Sasa Inti Sumbangkan Ambulans untuk Palang Merah Indonesia

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal