Kekayaan Volodymyr Zelensky, komedian yang jadi presiden Ukraina
Dinar Fitra Maghiszha

KYIV, iNews.id - Invasi Rusia ke Ukraina telah memukul miliarder Ukraina dengan keras. Menurut Daftar Miliarder Dunia Forbes 2022, hanya ada tujuh miliarder yang tersisa di negara itu dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky bukan salah satunya. 

Menurut laporan Forbes Ukraina, kekayaan Zelensky saat ini diperkirakan paling banyak sekitar 20 juta dolar AS atau setara Rp287,5 miliar. 

Adapun aset utamanya adalah saham sekitar 25 persen di Kvartal 95, sekelompok perusahaan yang memproduksi acara lucu, yang dia transfer ke mitranya setelah terpilih menjadi presiden. Kendati demikian, mantan komedian itu kemungkinan akan mendapatkan kembali sahamnya setelah tidak menjabat sebagai presiden. 

Kvartal 95 memproduksi dan memiliki seri Servant of the People, sebuah komedi politik populer yang dibintangi Zelensky sebagai guru sekolah menengah Ukraina yang terpilih sebagai presiden. 

Netflix, yang sebelumnya menayangkan acara tersebut antara 2017 dan 2021, mendapatkan haknya lagi pada Maret tahun ini. Dengan perkiraan pendapatan 30 juta dolar AS per tahun, Forbes Ukraina menilai saham Zelensky sebesar 11 juta dolar AS.

Meskipun dia memiliki sebuah apartemen di salah satu gedung apartemen paling mahal di Ukraina di pusat Kyiv, itu relatif sederhana menurut standar Barat. Forbes memperkirakan seluruh portofolio real estat Zelensky bernilai 4 juta dolar AS, termasuk dua apartemen yang dimiliki sepenuhnya, dua yang dimiliki bersama, satu properti komersial, dan lima tempat parkir.

Detektif internet menyebut Zelensky memiliki sebanyak lima kapal pesiar mewah dan tiga jet pribadi, di samping saham senilai 60 juta dolar AS di perusahaan seperti Saudi Aramco, Meta, dan Tesla. Namun Forbes tidak menemukan bukti soal itu, dan jika Zelensky memang memiliki saham di perusahaan-perusahaan tersebut, sulit dipercaya saham itu akan bernilai mendekati 60 juta dolar AS. 

Forbes Ukraina memperkirakan dia dan istrinya Olena Zelenska berbagi rekening bank yang menyimpan uang tunai sekitar 2 juta dolar AS dan obligasi pemerintah. Aset mereka yang lain, terdiri dari dua mobil dan beberapa perhiasan, bernilai tidak lebih dari 1 juta dolar AS.   



Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT