Untul pembanguan pedestrian nantinya akan dilengkapi dengan jalur sepeda, dan menjadi akses micro mobility dengan scooter listrik.
Sedangkan untuk membangun akses transportasi umum yang berbasis listrik, beberapa rencana yang akan dikembangkan adalah ART (automatic rail transit), air mobility, sky taxi, hingga autonomus vehicle bus.
"Konsekuensinya kita sediakan pedestarian ways, kita sediakan jalur sepeda, scooters, jadi kita akan kembangkan sistem micromobility yg diarusutamakan dalam hal ini adalah bagaimana memindahkan menggerakkan manusia," kata Ali.
Menurut dia, pembangunan IKN merupakan cita-cita untuk memindahkan orang ke Ibu Kota baru agar muncul pertumbuhan-pertumbuhan ekonomi baru dari perkembangan populasi di suatu tempat.
Meski demikian, lanjutnya, perpindahan orang tidak akan disertai dengan kendaraannya guna menekan polusi. Oleh sebab itu penggunaan kendaraan pribadi bakal diatur ketat oleh Badan Otorita.
"Kalaupun ada kendaraan dia basisnya elektrik, ini akan men-generate kebutuhan energinya melalui SKPLU. Nah untuk SPBU ini masih memungkinkan untuk masa transisi diluar wilayah KIPP," tutur Ali.