Komisi VI DPR RI Apresiasi Peningkatan Pelayanan Pelanggan lewat PLN Mobile

Rizqa Leony Putri
Anggota Komisi VI DPR RI Subardi mengapresiasi kinerja PT PLN (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pelanggan melalui PLN Mobile. (Foto: dok PLN)
Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan keberhasilan transformasi digital PLN Mobile tak terlepas dari upaya PLN meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Sebab, beberapa fitur yang tersedia di aplikasi tidak hanya memudahkan pelanggan mendapat informasi, tetapi juga berkomunikasi.

"Kami menerapkan Program Outage Management, yang merupakan proses sinergi dan berkesinambungan untuk mempercepat respons kami ke pelanggan," ujar Darmawan.

Diketahui, PLN menyinergikan aplikasi PLN Mobile dengan sistem monitoring internal yaitu, virtual command center dan pelayanan teknik optimization. Dengan adanya integrasi ini, pengaduan masyarakat yang sebelumnya manual menjadi lebih cepat dan bisa dimonitor langsung secara realtime.

"Kini, ketika pelanggan melakukan pengaduan, laporan tersebut akan langsung diteruskan ke petugas yang berada paling dekat dengan lokasi pelanggan. Pelanggan pun langsung mendapatkan informasi mengenai lokasi realtime petugas dan estimasi waktu kedatangan petugas," ujar Darmawan.

Selain pengaduan pelanggan, pelanggan melalui PLN Mobile juga bisa melakukan pasang baru, pengaduan, catat meter, penyambungan sementara, bahkan layanan perbaikan instalasi listrik dalam rumah (ListriQu).

Dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik yang lebih masif di Indonesia, PLN juga mengintegrasikan PLN Mobile dengan fitur  Electric Vehicle Digital Services (EVDS). Melalui EVDS ini, masyarakat bisa langsung mendapatkan informasi lokasi charging station,  transaksi pengisian daya, memonitor konsumsi daya, bahkan fitur test drive yang mempertemukan antara distributor dengan masyarakat yang ingin menjajal kendaraan listrik.

Transformasi yang dilakukan PLN terhadap PLN Mobile berhasil menaikan rating PLN Mobile dari 2,5 kini menjadi 4,9 dengan lebih dari 36 juta downloader.

"Atas segala upaya terus menerus dalam meningkatkan pelayanan pelanggan, transformasi layanan PLN mendapatkan pengakuan ratusan penghargaan pada 2022," tutur Darmawan.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Nasional
8 jam lalu

Anggota DPR Harap BUMN Lebih Sehat di 2026: Harus Fokus pada Sektor Terkuat

Mobil
14 jam lalu

Ekspansi, Polytron Bangun 3 Showroom Mobil Listrik Sekaligus dengan Layanan Darurat

Nasional
2 hari lalu

IMIP Operasikan 502 Unit Kendaraan Listrik, Dukung Target Nol Emisi 2060

Mobil
8 hari lalu

BYD Ungkap Indonesia Jadi Negara dengan Perkembangan EV Tercepat 

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal