Lebih Kritis, Mayoritas Milenial dan Gen Z Riset Produk Lewat Internet Sebelum Membeli

Aditya Pratama
Belanja online. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Konsumen Indonesia, terutama yang berusia muda semakin kritis dalam membelanjakan uang. Mereka kerap riset kecil-kecilan lewat internet sebelum membeli produk.

Founder & CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menilai, 49,6 persen konsumen saat ini mencari informasi produk secara online sebelum membeli. Semakin muda konsumen, angkanya lebih besar.

Porsi generasi Z (lahir 1998-2010) yang mencari produk lewat internet mencapai 56,6 persen. Sementara Generasi Milenial (lahir 1981-1997) yang lebih muda (younger millenial) 61,4 persen dan lebih tua (older millenial) 50,3 persen.

Generasi X (lahir 1964-1981) yang riset produk lebih sedikit dengan rincian yang lebih muda (younger Gen X) 39,3 persen dan lebih tua (older Gen X) 26,9 persen.

"Artinya, konsumen Gen Z dan Milenial jauh lebih kritis dibandingkan konsumen dari Gen X," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (19/1/2020).

Editor : Rahmat Fiansyah
Artikel Terkait
Gadget
13 hari lalu

Kolaborasi MNC Games dan ITOXI Luncurkan Game Perdana The God of Highschool: Legends

Belanja
25 hari lalu

Bazar Fashion Locallove Tak Sekadar Surga Belanja Gen Z, tapi Wadah Edukasi!

Seleb
25 hari lalu

Profil Firly Assyifa, Istri Fajar Alfian yang Ternyata Gen Z

Nasional
31 hari lalu

Menkop Ajak Gen Z Dukung Koperasi: Masa Depan Ada di Tangan Kalian

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal