JAKARTA, iNews.id - Konsumen Indonesia, terutama yang berusia muda semakin kritis dalam membelanjakan uang. Mereka kerap riset kecil-kecilan lewat internet sebelum membeli produk.
Founder & CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali menilai, 49,6 persen konsumen saat ini mencari informasi produk secara online sebelum membeli. Semakin muda konsumen, angkanya lebih besar.
Porsi generasi Z (lahir 1998-2010) yang mencari produk lewat internet mencapai 56,6 persen. Sementara Generasi Milenial (lahir 1981-1997) yang lebih muda (younger millenial) 61,4 persen dan lebih tua (older millenial) 50,3 persen.
Generasi X (lahir 1964-1981) yang riset produk lebih sedikit dengan rincian yang lebih muda (younger Gen X) 39,3 persen dan lebih tua (older Gen X) 26,9 persen.
"Artinya, konsumen Gen Z dan Milenial jauh lebih kritis dibandingkan konsumen dari Gen X," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (19/1/2020).