JAKARTA, iNews.id - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) UKM Teten Masduki mengatakan, kebudayaan Indonesia menjadi kekuatan untuk pengembangan UMKM sesuai dengan identitas budaya. Dengan demikian, bisa jadi kekuatan bersaing di mancanegara.
"Kebudayaan kita sendiri menjadi kekuatan kita untuk bersaing dengan dunia global," kata dia dalam sambutannya pada Rakornas Indonesia Creative Cities Network (ICCN) di iNews Tower, Jakarta, Rabu (28/9/2022).
Dia menjelaskan, generasi muda tidak hanya menyukai sesuatu yang modern, tapi juga produk-produk yang punya nilai budaya tinggi. Dengan begitu, produk-produk lokal dari daerah memiliki pasar sendiri.
"Saatnya kita leading di semua sektor. Saatnya kita menggali sumber daya lokal, saatnya kita mengembangkan culture kita yang sangat kaya sebagai keunggulan komparatif kita dalam persaingan global," ujarnya.
Menurutnya, setiap kebudayaan dari satu daerah dan daerah lainnya memiliki karakteristik berbeda-beda, dan keunikan masing-masing sehingga mempunyai daya tarik bagi konsumen.