Menteri Ekonomi Argentina, Martin Guzman mengundurkan diri di tengah krisis ekonomi yang tengah meningkat. (Foto: Reuters)
Aditya Pratama

BUENOS AIRES, iNews.id - Menteri Ekonomi Argentina, Martin Guzman mengundurkan diri di tengah krisis ekonomi yang tengah meningkat. Guzman yang menjabat sejak akhir 2019 diketahui tengah memimpin negosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) terkait restrukturisasi utang Argentina.

Mengutip BBC, Guzman mengundurkan diri setelah seminggu gejolak ekonomi di negara tersebut, dengan nilai peso Argentina meluncur terhadap dolar. Kepergiannya meninggalkan tanda tanya besar atas kebijakan ekonomi Argentina di masa depan.

Argentina saat ini tengah berjuang menghadapi inflasi 60 persen, mata uang yang lemah, serta kenaikan harga pangan dan energi global.

Dalam sebuah surat kepada Presiden Argentina Alberto Fernandez, Guzman mengisyaratkan adanya perpecahan internal di dalam pemerintahan. Bukan rahasia lagi bahwa Presiden Fernandez berselisih dengan wakilnya, Cristina Fernández de Kirchner, tentang bagaimana mengatasi masalah ekonomi negara.

Fernandez, yang menjabat sebagai presiden dari 2007 hingga 2015, sangat kritis terhadap apa yang dia lihat sebagai kegagalan pemerintah untuk meringankan beban keuangan warga Argentina. 

Dia dan pendukungnya melihat Guzman berlebihan dalam upayanya untuk mengurangi defisit anggaran dan memperketat kebijakan moneter.

Jika Fernandez berhasil, menteri keuangan berikutnya akan mengurangi kekakuan fiskal dan meningkatkan tingkat intervensi negara dalam perekonomian.

Tapi itu mungkin terbukti menjadi pil pahit yang harus ditelan IMF, dengan beberapa analis keuangan sudah mengkritik IMF karena tidak menetapkan kondisi yang cukup sulit dalam kesepakatan utang terbarunya senilai 44 miliar dolar AS dengan Argentina.


Editor : Aditya Pratama

BERITA TERKAIT