Tim manajemen Bulog yang dilantik bulan Desember 2023 lalu, memberikan secercah harapan baru buat Perum Bulog untuk menjadi lebih tepercaya dengan layanan yang lebih profesional dan meningkatkan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia lewat kepemimpinannya di era transformasi.
“Bulog memiliki sejarah dan reputasi masa lalu yang khas. Ke depannya, kami mengidentifikasikan diri menjadi perusahaan rantai pasok pangan. Kami tidak memiliki produksi dan konsumsi, tetapi kami menghubungkan produksi dan konsumsi pangan itu dengan suatu rantai pasok pangan yang handal, karenanya slogan baru kami adalah Mengantarkan Kebaikan,” ucap Bayu dikutip iNews.id, Rabu (17/7/2024).
Bayu mengatakan bahwa pasokan pangan akan selalu menjadi tantangan, karena orang makan setiap hari sementara produksi terjadi hanya 3 bulan sekali. Bagian dari transformasi Bulog adalah untuk menjadi pemasok rantai pangan yang tepercaya ditengah situasi itu.
Transformasi yang dilakukan oleh Bulog memiliki 4 visi yaitu: kepemimpinan rantai pasok, kepercayaan, pelayanan prima, dan kontribusi kesejahteraan masyarakat.
Menjadi bagian dari program transformasi termasuk memenuhi permintaan masyarakat kelas menengah akan kebutuhan pangan yang premium. Perum Bulog juga mengembangkan sektor bisnis komersial, termasuk di antaranya menyediakan beras kualitas premium yang pulen dan wangi, maupun yang dilengkapi dengan multivitamin.
Selain itu, Perum Bulog juga memiliki 16.000 jaringan retail yang terdiri dari warubg warung keluarga bernama Rumah Pangan Kita (RPK) yang menyediakan kebutuhan harian keluarga.