JAKARTA, iNews.id - Merger dua e-commerce besar di Indonesia Gojek-Tokopedia menjadi Grup GoTo dinilai akan semakin melengkapi layanan jasa dan barang, yang menguntungkan bagi pelanggan.
Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira, mengatakan tujuan utama bisnis GoTo bukan pada transportasi online, tetapi mengembangkan pengiriman logistik.
Dengan model bisnis transportasi online, kerjasama Gojek melalui promo dan diskon di Tokopedia akan menambah customer experience, bahkan semakin mengikat loyalitas customersnya. Namun hal itu bukan menjadi tujuan bisnis utama dari Grup GoTo.
"Tujuan bisnis utama GoTo sepertinya akan menggabungkan pengiriman logistik Gojek kemudian terintegrasi dengan e-commercenya Tokopedia. Pengembangan Tokopedia memiliki sisi paling seksi," ujar Bhima, kepada MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Rabu (19/5/2021).
Dia menjelaskan, dengan sistem pembayaran digital yang sudah dimiliki, Gojek memberikan keuntungan kepada seluruh pengguna transaksi melalui merger Gojek-Tokopedia.