JAKARTA, iNews.id - Produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia berhasil menarik minat pengunjung Expo Antad & Alimentaria 2022 di Guadalajara, Meksiko. Produk UMKM binaan BRI ini berhasil meraup potensi transaksi hingga 2,3 juta dolar AS.
"Melalui pameran ini, diharapkan produk UMKM Indonesia akan semakin diminati dan terus berkembang di pasar Meksiko. Ini adalah salah satu bentuk dukungan nyata pemerintah Indonesia dalam mengembangkan UMKM Indonesia," kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Meksiko Cheppy T. Wartonodalam keterangannya, Jumat (3/6/2022).
Expo Antad & Alimentaria 2022 merupakan pameran sektor mamin terbesar di wilayah Amerika Selatan. Dalam kegiatan yang berlangsung pada 16 -19 Mei 2022 itu, Indonesia berpartisipasi di dua area, yaitu area internasional dan area nasional.
Di area internasional, ada kopi, mi instan, rendang siap saji, basreng, kulit ikan kering, kayu manis dan produk lainnya. Sedangkan, di area nasional, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City memfasilitasi importir Meksiko memperluas pemasaran produk yang diimpor dari Indonesia.
Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti mengatakan, partisipasi Indonesia dalam kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan ITPC Mexico City mendorong UMKM Indonesia memasuki pasar Meksiko.