Progres 27 Persen, Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Sudah Habiskan Dana Rp21 Triliun

Okezone
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Foto: Ant)

Mantan bos PT PP (Persero) Tbk itu mengatakan, pembebasan lahan untuk proyek ini tinggal 2 persen. Wika yang tergabung dalam konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) terus mengebut pembangunan sesuai target.

"Masalah lahan sudah tidak ada kendala, karena pembebasan bisa segera diselesaikan seiring pembangunan yang dilakukan. Itu tidak harus selesai di depan karena terdiri fasilitas sosial dan fasilitas umum dari area yang kena lintasan yang harus dipindahkan," tutur dia.

Yang jelas, kata Tumiyana, lahan untuk jalur utama kereta sudah sepenuhnya bebas. Total panjang jalur utama kereta cepat dari ibu kota hingga Bandung mencapai 142 kilometer.

Dana pembangunan kereta cepat ini sebagian besar berasal dari pinjaman kepada China Development Bank (CDB). Investasi yang digelontorkan untuk pembangunan kereta cepat, 75 persen berasal dari CDB, dan 25 persen dari KCIC.

Selain Wika, anggota konsorsium KCIC yaitu PT KAI (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. (Giri Hartomo)

Editor : Rahmat Fiansyah
Artikel Terkait
Bisnis
22 hari lalu

WIKA Siapkan Restrukturisasi Utang Tahap II untuk Pulihkan Keuangan

Bisnis
1 bulan lalu

Wijaya Karya Kantongi Restu Perpanjangan Jatuh Tempo Obligasi, Lanjutkan Restrukturisasi Utang 

Nasional
1 bulan lalu

Polemik Whoosh, Eks Penyidik KPK: Dugaan Pemufakatan Jahat Sulit Diusut jika China Tak Berkenan

Nasional
1 bulan lalu

Ekonom Ungkap China Paling Diuntungkan dari Proyek Kereta Cepat Whoosh, Ini Alasannya

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal