JAKARTA, iNews.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional, salah satunya dengan mengembangkan UMKM di Indonesia. Melalui Xpora, BNI hadir melayani kebutuhan UMKM berlandaskan tiga fokus strategis yaitu UMKM Ekspor dan Diaspora, Digital Value Chain, serta Ekosistem Unggulan.
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan dalam melakukan ekspor, pelaku UMKM kerap menghadapi beberapa tantangan seperti persaingan produk, prosedur dan lisensi ekspor, akses permodalan, hingga akses pasar global.
BNI berupaya membantu UMKM menghadapi tantangan tersebut dengan menghadirkan solusi pemberdayaan UMKM Xpora. Bantuan ini diberikan mulai dari peningkatan kapabilitas, digitalisasi proses bisnis, menghadirkan akses pasar online, dan akses pasar ekspor. Ekosistem Xpora langkah kolaborasi BNI untuk menjawab tantangan UMKM.
“Xpora menjadi pintu masuk UMKM dan pengusaha ke dalam ekosistem BNI yang telah tumbuh besar, dengan cara menawarkan kemudahan untuk meningkatkan penjualannya hingga membantu mencari pembeli potensial. Tentunya, BNI juga memberikan akses pada digitalisasi proses bisnisnya,” kata Okki.
Okki menambahkan, untuk mendapat informasi seputar program dan fitur Xpora UMKM dapat mendatangi Hub Xpora yang saat ini telah tersebar di tujuh kota, antara lain Medan (KK Juanda), Jakarta (KCP Smesco), Bandung (KCU JPK), Solo (KCP Sebelas Maret), Surabaya (KCU Surabaya), Makassar (KCU Makassar), dan Denpasar (KCU Gajah Mada).
Masyarakat juga dapat menghubungi BNI Call maupun mengunjungi Digital Platform Xpora untuk mendapatkan informasi yang lebih detail terkait solusi ekspor bersama Xpora.