PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Lewat kemitraan strategis ini, fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok atau TikTok Shop resmi hadir di Tokopedia. Secara keseluruhan, TikTok Shop akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Dalam kesepakatan ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dolar Amerika Srrikat (AS) atau sekitar Rp23,421 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GOTO di Tokopedia.
“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GOTO dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia,” kata manajemen GOTO dalam keterangan resminya, Senin (11/12/2023).
Melalui kesepakatan ini, para pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo berupa promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok, huluisasi UMKM yang akan mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia, melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan).