JAKARTA, iNews.id - Seiring dengan perkembangan teknologi mendorong munculnya sejumlah profesi baru, salah satunya digital marketing. Profesi dan gaji digital marketing di Indonesia pun banyak dicari tahu oleh pelamar kerja.
Dunia marketing selalu berubah sejalan dengan perkembangan tren dan teknologi, sehingga strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan harus dinamis. Konten yang dibuat semenarik mungkin juga menjadi bagian penting dalam strategi untuk dapat mendapatkan audience sebanyak-banyaknya.
Profesi digital marketing bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing.
Seorang digital marketing yang baik selalu menggunakan data dalam membuat keputusan yang efektif, dan tak pernah menganggap kalimat call to action atau teks iklan tertentu sebagai solusi terbaik. Sebaliknya, mereka akan selalu mencoba hal tersebut dari waktu ke waktu sampai menemukan formula terbaik dalam melakukan pemasaran digital.
Profesi digital marketing juga harus memiliki kreativitas yang tinggi dengan kemampuan mengidentifikasi target dan merancang kampanye digital yang baik. Kemudian, senang memerhatikan hal-hal yang sedang terjadi saat itu dan mempelajari hal-hal baru dan menyukai dunia penulisan, dunia seni, dan desain.
Gaji digital marketing di Indonesia disebut cukup besar. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi gaji di tiap digital marketer berbeda, yaitu pengalaman dan kemampuan.