Belajar trading crypto dan cara melakukannya untuk pemula
Aditya Pratama

JAKARTA, iNews.id - Belajar trading crypto atau perdagangan kripto penting bagi seseorang sebelum melakukannya. Pemahaman yang komprehensif tentang aset dan teknologi yang terlibat dalam cryptocurrency atau mata uang kripto merupakan dasar untuk pemula. 

Namun perlu diketahui, sama seperti saham dan pasar keuangan lainnya, trading crypto bisa menjadi kompleks, melibatkan berbagai komponen dan membutuhkan pengetahuan. Untuk trading crypto, banyak faktor dan langkah-langkah spesifik yang harus diikuti. 

Para ahli merekomendasikan penting untuk memiliki pengetahuan luas tentang cryptocurrency, pertukaran crypto, keamanan crypto, dan semua yang diperlukan terkait dengan trading crypto sebelum menginvestasikan waktu dan uang di sini. 

Di pasar cryptocurrency, sangat penting memiliki strategi tepat untuk membuat keputusan yang tepat dan menyadari risiko yang dapat terjadi kapan saja. Meskipun trading crypto berbeda dengan trading saham, beberapa konsep trading saham dapat dipertimbangkan dalam memahami trading crypto. Karena itu, pengetahuan saham dapat bermanfaat saat menerapkan trading crypto

Apa itu trading crypto?

Dikutip dari Blockchain Council, trading crypto melibatkan pembelian dan penjualan cryptocurrency dengan menggunakan platform atau bursa crypto. Beberapa platform trading crypto paling populer adalah Coinbase, Binance, CoinDCX. Ide di balik trading crypto adalah untuk mencapai hasil yang menguntungkan selama periode waktu tertentu. Dan perlu diketahui, trading berbeda dengan investasi.

Trading memiliki konsep mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu, sedangkan investasi lebih untuk menjaga aset dalam jangka panjang. Saat melakukan investasi apa pun, perlu mencari tren jangka panjang dan menutup mata terhadap fluktuasi jangka pendek di pasar. Sementara dalam trading crypto, tujuan utamanya mendapatkan banyak koin. 

Di sisi lain, trading berkaitan dengan fluktuasi waktu yang singkat. Karena itu, penting untuk memahami pasar secara harian saat melakukannya. 

Para ahli merekomendasikan untuk memahami tren pasar dan tren harga jangka pendek jika ingin untung dalam tading crypto. Ini lebih seperti membeli di harga rendah dan menjual dengan harga tinggi. Dalam trading crypto, Anda harus sering membeli di harga murah dan menjualnya saat harganya tinggi untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Struktur trading crypto

Struktur trading menggabungkan pembeli dan penjual. Dalam trading, yang satu akan untung dan lainnya rugi. Secara sederhana, jika orang tersebut memperoleh keuntungan dari penjualan, orang lain akan memiliki potensi keuntungan yang rendah. 

Saat masuk ke trading crypto, seseorang harus memahami tren pasar untuk mencegah dari kerugian yang tinggi. Karena pasar crypto tidak stabil, sehingga disarankan untuk menginvestasikan uang yang Anda mampu untuk kehilangan, dan bagi pemula harus berkonsultasi dengan ahlinya. 

Trader cryptocurrency bersertifikat adalah ahli dalam mengelola pembelian dan penjualan mata uang kripto dengan mempertimbangkan tren pasar. Mereka juga mengetahui struktur trading dan melakukan trading crypto yang sesuai. 

Nah, jika tertarik untuk menjelajahi trading crypto maka harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi tren pasar. Misalnya, ketika lebih banyak orang membeli produk tertentu, harganya biasanya naik. Sebaliknya, ketika orang lebih banyak menjual dibanding membeli, harganya cenderung turun.

Startegi trading crypto

Untuk memahami tren pasar dengan lebih baik dalam melakukan trading crypto, ada empat strategi trading crypto untuk pemula. Keempat stretagi itu, yakni scalping, day trading, swing trading, dan position trading

Scalping

Scalping adalah strategi trading jangka pendek yang dilakukan banyak ahli untuk mendapatkan keuntungan instan. Untuk jenis trading ini, orang memegang koin selama beberapa menit atau detik. Namun, keuntungannya tidak sebanyak cara trading lainnya. Tujuan scalping untuk mencapai keuntungan sedikit, yang terakumulasi sepanjang hari. 

Waktu optimal untuk mengeksekusi adalah ketika pasar supersibuk, maka peluang mendapatkan keuntungan maksimal. Pedagang dan ahli cryptocurrency bersertifikat secara aktif mempraktikkan trading ini untuk mendapat untung dari pergerakan harga yang kecil.

Day Trading

Trading ini melibatkan penyimpanan aset selama sehari. Day trading juga dikenal sebagai perdagangan intraday, di mana pedagang masuk dan keluar pada hari yang sama. Dalam jenis trading ini, Anda perlu mempertimbangkan analisis teknis dasar menggunakan indikator teknis yang dapat membantu menentukan kondisi pasar saat ini dan mengidentifikasi tren. 

Menerapkan jenis day trading juga menawarkan keuntungan kecil, namun ini menjauhkan Anda dari volatilitas pasar dalam semalam. Day trading biasanya dilakukan selama beberapa jam.

Swing Trading

Dalam swing trading, orang memegang posisi selama beberapa hari atau beberapa minggu. Jenis trading ini mengikuti tren jangka pendek hingga menengah yang biasanya berkisar antara 1-30 hari. 

Orang yang tidak aktif setiap hari dan sibuk dengan pekerjaan lain bisa menggunakan strategi trading ini. Di sini, Anda tidak perlu khawatir tentang naik turunnya harga secara harian karena dalam swing trading, Anda tidak akan memegang crypto hanya untuk sehari, namun mengikuti tren dan mengecek analisis harian akan membantu mendapatkan keuntungan optimal.

Position Trading

Jika memilih strategi ini, Anda perlu fokus pada perubahan harga dalam jangka panjang. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, pergeseran harga utama dipertimbangkan oleh para ahli trading. 

Position trading juga dikenal sebagai trading tren karena trader cenderung menahan posisi untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, menganalisis grafik harga mingguan dan bulanan dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengevaluasi tren pasar. 

Saat menerapkan trading ini, trader tidak khawatir tentang fluktuasi harga yang kecil. Faktanya, mereka hanya memperhatikan tren pasar utama dan menindaklanjutinya.

Cara trading crypto bagi pemula

Untuk pemula, sangat penting mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk melakukan trading crypto. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Langkah 1: Cari bursa cryptocurrency

Sebagai pemula, langkah pertama adalah mencari bursa cryptocurrency terbaik. Beberapa yang paling populer adalah Coinbase, Kraken CoinDCX Geminidan, Binance, dan banyak lagi.

Anda perlu membuat akun crypto di pedagang aset crypto yang terdaftar. Ini mirip dengan membuka rekening saham. Selain itu, pastikan untuk memberikan informasi yang diperlukan.

Langkah 2: Danai akun

Segera setelah membuat akun di salah satu bursa cryptocurrency, langkah selanjutnya adalah mendanai akun Anda. Gunakan kartu debit dan wire transfer. Anda dapat dengan mudah menambahkan uang ke dompet digital Anda. 

Selain itu, wire transfer adalah salah satu opsi termurah untuk mendanai akun Anda. Bursa crypto seperti Coinbase dan Gemini menyediakan wire transfer secara gratis.

Langkah 3: Pilih crypto

Ada banyak crypto yang bisa dipilih, tetapi sebagian besar trader ahli memilih bitcoin dan ethereum. Alasannya karena lebih dapat diprediksi daripada lainnya. Namun, altcoin juga mengalami kenaikan sekitar 1.000 persen hanya dalam sebulan, sehingga bisa menjadi pilihan lain.

Langkah 4: Pilih strategi

Memilih strategi trading adalah langkah penting dalam trading crypto. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan indikator perdagangan dengan analisis fundamental dan teknis yang benar, Anda dapat mencapai keuntungan yang besar dalam trading crypto. Namun, jika Anda seorang pemula, disarankan untuk mengikuti kursus trading crypto dan menjadi ahli.

Langkah 5: Simpan crypto dengan aman

Penting untuk menyimpan crypto di tempat aman. Untuk itu, Anda bisa memilih dompet digital, dapat berupa perangkat lunak atau perangkat keras. Dompet perangkat keras diyakini lebih memberikan keamanan yang lebih baik. 



Editor : Jujuk Ernawati

BERITA TERKAIT