Film horor Indonesia yang mendunia. (Foto: imDb)
Nur Afidah Zalfalia Sagit

JAKARTA, iNews.id Film horor Indonesia yang mendunia berikut ini parut menjadi tayangan wajib.

Bukan hanya tayang di Indonesia, 5 Film horor indonesia tersebut bahkan tayang sampai ke luar negeri. Mulai dari Negara tetangga, Malaysia sampai ke Amerika Serikat.

Bukan hanya tayang di luar negeri, film-film ini juga meraih beberapa penghargaan di ajang film internasional. Bisa sampai mendunia, se horror apa ya kira-kira 5 film horor Indonesia yang Mendunia ini?

Simak 5 film horor Indonesia mendunia yang dirangkum iNews.id Selasa (19/10/2021). 

1. Pintu Terlarang

Film horor Indonesia mendunia, Pintu Terlarang. (Foto: YouTube)

Film horor Indonesia yang mendunia pertama adalah Pintu Terlarang. Rilis pada tahun 2009, film ini disutradarai oleh sutradara terkenal, Joko Anwar. Berjudul Pintu Terlarang, film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, karya Sekar Ayu Asmara.

Menceritakan kisah seorang pematung bernama Gambir yang diperankan oleh Fachri Albar, di dalam karyanya Gambir memasukan bagian tubuh janin dalam patung seorang wanita hamil. 

Siapa sangka, hal itu menjadikan Gambir sukses sebagai seorang seniman patung wanita hamil. Seiring berjalannya waktu, Gambir justru malah mendapat teror dari para arwah yang ada di dalam patungnya. Kehororan pada film ini berhasil mengalahkan rumah dara, dan membuat film ini meraih penghargaan sebagai film terbaik di Festival Film Fantasi Internasional Puchon di Korea Selatan.

2. Pengabdi Setan

Film horor Indonesia yang mendunia salah satunya Pengabdi Setan. (Foto: YouTube)

Film horor Indonesia yang mendunia berikutnya adalah Pengabdi Setan. Dalam versi internasional, film Pengabdi Setan ini disebut sebagai Satan’s Slaves yang merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2017. Disutradarai Joko Anwar film ini merupakan bentuk remake dari film berjudul sama, yang tayang pada tahun 1980.

Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang mengalami kejadian aneh, setelah ibunya meninggal dunia. Ditambah sang ayah yang memutuskan untuk bekerja ke luar kota dan meninggalkan anak- anaknya di rumah bersama neneknya yang juga sudah duduk di kursi roda.

Saking horornya, film ini mampu tayang hingga ke beberapa negara seperti Malaysia, singapura dan AS.

3. Rumah Dara

Film horor Indonesia yang mendunia, salah Rumah Dara. (Foto: iMdb)

Film horor Indonesia yang mendunia lainnya yaitu Rumah Dara. Film yang disutradarai oleh Mo Brothers ini rilis pada awal tahun 2010. Sesuai dengan namanya, film ini menceritakan sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah seorang pembunuh misterius, yang bernama Dara. 

Dengan banyak adegan menegangkan, tak heran jika film mampu tayang hingga ke sejumlah wilayah di Eropa dan Amerika Serikat. Film yang memiliki judul internasional Macabre ini dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama.

4. Modus Anomali

Film horor Indonesia yang mendunia, salah satunya Modua Anomali. (Foto: YouTube)

Film horor Indonesia yang mendunia berikutnya adalah Modus Anomali. Film tegang yang dibintangi oleh Rio Dewanto ini rilis pada tahun 2012. Film yang disutradarai joko anwar ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang memutuskan untuk berlibur di sebuah rumah di pedalaman hutan yang terdapat seorang pembunuh misterius di dalamnya. 

Memiliki judul internasional, yakni ritual, film ini mendapatkan penghargaan Bucheon Award di New York of Asian Fantastic Film di Korea Selatan.

5. Danur (I can see ghost)

Film horor Indonesia mendunia, salah satunya Danur. (Foto: imdb)

Film horor Indonesia yang mendunia berikut ini terinspirasi dari novel karya Risa Saraswati mulai tayang pada tahun 2017. Disutradarai oleh Awi Suryadi, film ini menceritakan tentang seorang anak indigo Risa, yang diperankan oleh Prilly Latuconsina yang memiliki teman tak kasat mata yakni Johnson, Peter, dan William. Film yang diangkat dari novel yang berjudul gerbang dialog danur ini pernah tayang hingga ke Malaysia dan Brunei loh!

Itu dia deretan film horor Indonesia yang mendunia, seram dan menegangkan bukan? Tak heran kalau ditayangkan sampai ke luar negeri ya!


Editor : Dyah Ayu Pamela

BERITA TERKAIT