Cara Menghilangkan Bau Badan. (foto: istimewa)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id – Cara menghilangkan bau badan penting diketahui, khususnya untuk para perempuan. Pasalnya bau badan kerap menjadi masalah mengganggu bagi orang yang mengalaminya maupun orang-orang di sekitarnya.

Bau badan, membuat seseorang kurang percaya diri dan bahkan bisa menarik diri dari lingkungan sosial di sekitarnya. Namun, jangan khawatir, bila Anda memiliki masalah dengan itu, ada cara menghilangkan bau badan yang murah dan mudah. 

Cara menghilangkan bau badan ini perlu Anda lakukan setiap hari, agar masalah serupa tidak kembali muncul. Lantas, apa saja atau bagaimana cara menghilangkan bau badan? 

Berikut cara menghilangkan bau badan yang yang dirangkum dari WebMD, Senin (13/6/2022): 

1. Menjaga kebersihan diri
Cara menghilangkan bau badan yang paling mudah adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Mandi setidaknya sekali sehari dapat menghilangkan keringat dan menyingkirkan bakteri di kulit Anda. Seperti kita tahu, keringat sebenarnya tidak berbau, tetapi m bakteri yang hidup di kulit dan bercampur dengan keringat itulah yang menimbulkan bau yang cukup menyengat. Oleh karena itu, penting mencuci badan Anda secara menyeluruh, terutama di area Anda cenderung berkeringat.

2. Menggunakan sabun antibakteri
Jika mandi saja tak cukup, Anda perlu bantuan sabun antibakteri. Membersihkan badan secara menyeluruh dengan sabun batang antibakteri akan membantu menyingkirkan beberapa bakteri yang menyebabkan bau badan.

3. Memakai antiperspiran
Setelah bersih dan badan sudah dikeringkan, gunakanlah antiperspiran yang kuat pada ketiak Anda. Antiperspiran biasanya memiliki aluminium klorida, bahan kimia yang membantu menjaga keringat. Disarankan untuk menggunakannya dua kali sehari, yaitu sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

4. Menjaga pakaian tetap bersih
Cara menghilangkan bau badan yang tidak kalah penting yakni sering-sering mengganti pakaian saat Anda berkeringat banyak. Pakaian yang bersih dan segar dapat membantu mengurangi bau badan.

5. Mengonsumsi makanan sehat
Percayakah Anda bahwa apa yang Anda makan mempengaruhi bau badan Anda? Nah, hindarilah makanan yang cenderung membuat Anda lebih banyak berkeringat. Misalnya, cabai atau makanan pedas, bawang merah atau bawang putih, hingga minuman dengan kafein atau alkohol yang juga bisa membuat Anda lebih banyak berkeringat.


Editor : Elvira Anna

BERITA TERKAIT