Dalam menjaga pola hidup sehat ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu olahraga, menjaga nutrisi dan pola istirahat. (Foto: Tangkapan Layar)
Intan Afika Nuur Azizah

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 memengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat termasuk olahraga. Aktivitas olahraga dilakukan diiringi dengan pola hidup sehat.

Okky Alparessi, Health Influencer mengatakan, dalam menjaga daya tahan tubuh ada tiga hal yang harus diperhatikan. Selain olahraga yaitu menjaga nutrisi dan pola istirahat. 

"Jangan tunggu tua dulu baru memulai aktivitas olahraga. Olahraga yang dilakukan sejak muda akan menunda keterbatasan fisik saat usia tua. Selain itu, olahraga juga dapat menekan risiko osteoporosis, kegemukan, mengurangi risiko terkena penyakit dan dapat membantu meningkatkan suasana hati,” ujarnya, dalam webinar Minggu Sehat: Olahraga di Era Digital yang digelar Kemenkominfo dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Okky menjelaskan nutrisi yang cukup juga harus diperhatikan agar asupan gizi pada tubuh terjaga. “Imbangi olahraga dengan mengatur pola makan teratur dan nutrisi lengkap," katanya.

Selain itu, lanjut dia, istirahat yang cukup juga sangat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. "Terapkan tiga langkah tersebut setiap hari demi mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit tentu," ujar Okky.

Vivid Devianti, komite edukasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengatakan dalam menunjang kegiatan olahraga gadget saat ini bisa dimanfaatkan untuk memantau kondisi tubuh. 

“Banyak aplikasi kesehatan yang bisa kita gunakan untuk aktivitas olahraga, hanya dengan gadget kita bisa mengetahui berapa langkah kaki kita hari ini. Bagaimana kondisi detak jantung kita dan ada juga aplikasi penghitung kalori,” katanya.

Vivid menjelaskan di tengah kehidupan yang serba digital saat ini kebanyakan waktu yang dihabiskan di depan laptop harus diiringi dengan olahraga. “Di tengah kesibukan aktivitas dan pekerjaan kita setiap hari, ruang digital juga bisa kita manfaatkan untuk berolahraga, misal dengan menonton kegiatan olahraga di depan layar gadget kita bisa ikut olahraga bareng,” ujar  Vivid.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT