Venna Melinda dan anak angkatnya, Vania (tengah) yang ditemukan dibuang saat masih bayi di toilet. (Foto: Instagram)
Vania Ika Aldida

JAKARTA, iNews.id  - Venna Melinda merupakan seorang artis Indonesia yang telah aktif di dunia hiburan sejak 1988. Dia mengawali kariernya dengan bermain dalam film Catatan Si Boy II sebagai Priska dan beradu akting dengan Onky Alexander serta Meriam Bellina.

Usai debut pertamanya sukses, Venna Melinda justru memilih vakum dari dunia keartisannya. Dia diketahui memilih untuk melanjutkan pendidikannya.

Setelah lulus, perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 29 Juli 1972 ini kembali mencoba peruntungannya di dunia hiburan. Dia mengikuti ajang Abang None Jakarta, 1993 dan Puteri Indonesia pada 1994.

Venna pun tampil sebagai pemenang dalam kontes Puteri Indonesia 1994. Pada tahun yang sama dia juga mewakili Indonesia di ajang Miss Universe di Filipina.

Setahun setelahnya dia membintangi sebuah sinetron berjudul Bella Vista sebagai Bella dewasa. Akhirnya dia memutuskan untuk melepas status lajangnya dan menikah dengan seorang Abang None Jakarta 1993, bernama Ivan Fadilla Soedjoko pada 1995.

Selama menikah dengan Ivan yang juga ikut terjun di dunia hiburan, Venna kerap kali membintangi beberapa sinetron Tanah Air. Pada 2009 dia mulai merambah ke dunia politik dan berhasil menjadi anggota DPR dari fraksi Partai Demokrat.

Dari pernikahannya dengan Ivan Fadilla, Venna Melinda dikaruniai dua orang anak bernama Verrell Bramastha dan Athalla Naufal. Sayangnya, di tahun ke-18 pernikahan mereka, Venna memilih untuk menggugat cerai suaminya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada 2013 silam.

Setelah bercerai, Venna Melinda kembali melanjutkan kariernya di dunia politik. Karier politik Venna yang semakin mantap membuatnya dicalonkan menjadi bakal calon Bupati Blitar, meski pada akhirnya dia tak terpilih. Kendati demikian, pada pemilu legislatif 2014, dirinya kembali maju sebagai calon legislatif DPD dapil Jawa Timur VI periode 2014-2019.

Kedudukannya sebagai anggota DPD dapil Jawa Timur VI resmi digantikan oleh Nova Riyanti Yusuf. Hal itu terjadi lantaran Venna memilih pindah dari Partai Demokrat ke Partai Nasdem.

Pada 2016 lalu, Venna Melinda mengadopsi seorang bayi perempuan yang ditemukan di sebuah toilet wanita di Masjid Fathullah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Tangerang. Dia diketahui memberi bayi perempuan tersebut nama yang indah, Vania Athabina, V dari huruf depan nama Verrell dan Athabina dari nama depan putra keduanya, Athalla.

Setelah melalui perjuangan yang panjang, kurang lebih 9 bulan, Venna Melinda akhirnya mendapat hak asuh dari Vania. Dia bahkan sempat mengajukan permohonan hak asuh anaknya sejak 2017 hingga akhirnya diputus oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan dan diakui oleh negara.

Kini setelah 9 tahun menyandang status janda, Venna Melinda menerima lamaran dari Ferry Irawan, rekan seprofesinya di dunia hiburan. Keduanya bahkan telah resmi bertunangan pada Rabu 9 Februari 2022 kemarin.

Rencananya pada 7 Maret 2022 mendatang, pasangan ini akan menggelar akad nikah di Bali. Sebelumnya, pada 4 Maret 2022, keduanya juga anak menggelar acara pengajian dan siraman dan mengusung adat Sunda.


Editor : Elvira Anna

BERITA TERKAIT