Penampakan jet tempur Rusia MiG-29 dalam unggahan di akun Twitter pemerintah kota Santa Monica (Foto: Twitter)
Anton Suhartono

SANTA MONICA, iNews.id - Publik Santa Monica, California, Amerika Serikat, dibuat heboh dengan pengumuman di akun Twitter pemerintah kota yakni akan ada jet tempur melintas untuk memeriahkan pertandingan Super Bowl pada Minggu (13/2/2022). Dalam foto unggahan itu ditampilkan jet tempur Rusia MiG-29, bukan pesawat milik Angkatan Udara (USAF) atau Angkatan Laut AS.

Demo militer biasa memeriahkan ajang National Football League (NFL) di AS, terutama pertandingan final. Pertandingan pada Minggu berlangsung di Inglewood, kota bersebelahan dengan Santa Monica, di mana tuan rumah Los Angeles Rams menjamu Cincinnati Bengals.

Sekitar setengah jam sebelum atraksi, pemerintah Santa Monica memberi tahu warganya mengenai rencana terbang lintas jet-jet tempur tersebut. Namun admin akun Twitter tampaknya tak paham bahwa foto jet tempur yang dia unggah adalah MiG-29 milik Rusia.

Jelas saja ini mengundang kehebohan sekaligus tawa menggelitik netizen, apalagi di saat ketegangan AS dan Rusia sedang meningkat soal potensi serangan ke Ukraina.

Netizen yang mengetahui bahwa foto itu adalah jet tempur Rusia langsung berkomentar. Ada yang mengatakan, penampakan jet tempur Rusia di atas Santa Monica berarti perang. Ada pula netizen netizen yang bercanda agar orang-orang segera melapor ke USAF bahwa ada MiG-29 yang akan melintas.

"Ayo semua, kita sedang berbicara tentang Santa Monica," kata seorang netizen.

"Sebelumnya itu MiG Rusia (dan sebagian besar dari kita masih mengira begitu) tapi sekarang, mengidentifikasi diri sebagai F-35 Lightning, kena kalian semua."

Saat terbang lintas berlangsung setengah jam kemudian, tidak ada MiG-29 yang terlihat di langit. Sebaliknya, USAF mengirim masing-masing satu jet tempur F-35, F-22, dan F-16, pesawat serang darat A-10, serta pesawat tempur lawas P-51D dari Perang Dunia II.

Ini bukan pertama kali ada kesalahan dalam mengunggah foto yang dilakukan otoritas resmi di AS terkait dengan militer. Pada Oktober 2021, Layanan Investigasi Kriminal Angkatan Laut (NCIS) menggunakan foto kapal penjelajah Rusia dalam kartu ulang tahun untuk Angkatan Laut AS.

Pada September 2021, NCIS juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada USAF dengan siluet jet tempur Sukhoi Su-34 Rusia. Pada April 2021, seorang senator AS mengucapkan selamat ulang tahun kepada kesatuan Cadangan Angkatan Udara menggunakan foto pesawat Rusia.



Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT