Korea Selatan mencabut aturan wajib masker di tempat terbuka mulai pekan depan (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) akan mencabut aturan penggunaan masker di tempat terbuka mulai pekan depan. Sebelumnya Korsel juga melonggarkan berbagai pembatasan Covid-19 seperti jam malam dan aturan di tempat makan.

Pencabutan terbaru ini diumumkan Perdana Menteri Korsel Kim Boo Kyum, Jumat (29/4/2022), sebagai langkah terbaru negara itu menuju belajar hidup berdampingan dengan virus corona varian Omicron.

Pada 18 April lalu, Korsel mencabut aturan lain, seperti jam malam serta waktu jam tutup restoran dan bisnis lainnya.

"Kami menyimpulkan, tidak bisa lagi berpaling dari ketidaknyamanan yang dialami oleh warga kami di mana mereka harus tetap menggunakan masker, bahkan saat jalan-jalan sendiri atau piknik bersama keluarga," kata Kim, dikutip dari Reuters.

Aturan wajib menggunakan masker masih diterapkan pada penduduk yang menghadiri acara dengan peserta 50 orang atau lebih, seperti pertemuan massa, konser, pertandingan olahraga di stadion, dan lainnya.

Jumlah kasus infeksi Covid-19 di Korsel turun drastis menjadi di bawah 100.000 per hari setelah sempat mencapai 620.000 pada pertengahan Maret.

Negeri Gingseng juga berhasil menekan kasus kematian dan kritis dengan memperluas vaksinasi. Data Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel mengungkap, hampir 87 persen dari total 52 juta penduduk Korsel sudah mendapat vaksin lengkap serta 65 persen disuntik booster. 


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT