Rusia menggunakan rudal baru 305 untuk menggempur Ukraina (Foto: Defenceview)
Anton Suhartono

MOSKOW, iNews.id - Rusia menggunakan rudal baru dengan presisi tinggi bernama '305' dalam operasi militer di Ukraina. Rudal-rudal tersebut diklaim berhasil menghancurkan fasilitas militer penting Ukraina.

Seorang sumber militer Rusia mengatakan kepada Sputnik, seperti dikutip Senin (20/6/2022), rudal itu memiliki keunggulan karena lebih ringan sehingga bisa ditembakkan dari udara. 

“Sebagai bagian dari operasi militer khusus di Ukraina, penerbangan militer Rusia mulai menggunakan rudal serbaguna yang ringan '305'. Rudal-rudal tersebut ditembakkan dari helikopter tempur Mi-28NM menuju target penting pasukan Ukraina, seperti gudang senjata dan (depot) bahan bakar," kata sumber itu.

Rudal 305 juga diklaim memiliki akurasi tinggi yakni tak akan meleset lebih dari 2 meter dari target.

Sumber tersebut menambahkan, rudal yang pertama kali diperkenalkan pada forum Angkatan Darat-2021 itu dilengkapi dengan perangkat pemandu berbeda daripada yang sudah ada.

Rudal itu didesain mampu menghancurkan target diam dan bergerak, tunggal maupun berkelompok, baik di siang maupun malam hari. Jangkauannya mencapai 14,5 kilometer.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT