Jet tempur MiG-31 milik Rusia membawa rudal hipersonik Kinzhal (ilustrasi). (Foto: Kremlin.ru)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.idRusia menempatkan tiga pesawat tempur MiG-31E ke wilayah Kaliningrad. Ketiga jet tempur itu dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal.

Hal itu terungkap lewat laporan Interfax, dengan mengutip Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis (18/8/2022). 

Sementara kantor berita milik negara Rusia, RIA, yang juga mengutip Kemhan Rusia, mengatakan bahwa jet-jet tempur MiG itu akan bertugas sepanjang waktu.

Rudal Kinzhal adalah rudal udara ke darat hipersonik aero balistik. Rudal itu mempunyai jangkauan 1.500-2.000 km, yang dapat diluncurkan dari pesawat pengebom Tu-22M3 atau MiG-31. Rudal Kinzhal juga mampu membawa muatan nuklir mencapai 480 kg.

Sebelumnya pada hari ini, Kementerian Pertahanan Finlandia menyatakan bahwa dua jet MiG-31 Rusia diduga melanggar wilayah udaranya di dekat Kota Porvoo, di Teluk Finlandia. Daerah itu berjarak 150 km dari Rusia.

Kaliningrad adalah eksklave Rusia yang terletak di pantai Baltik. Wilayah itu diapit oleh dua negara anggota NATO sekaligus Uni Eropa, yaitu Polandia di sebelah selatan dan Lithuania di sebelah barat.

Secara sederhana, eksklave diartikan sebagai suatu wilayah budaya yang berada terpisah dari negara budaya induknya. 

Ketegangan antara Rusia dan Lithuania meningkat pada Juni lalu, sejak negara kecil itu memblokade angkutan barang-barang dari Rusia ke Kaliningrad. Moskow pun menjanjikan pembalasan terhadap Vilnius, kala itu.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT