Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP/MANDEL NGAN)
Nathania Riris Michico

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan kehadirannya di konferensi internasional Forum Ekonomi Dunia di Davos. Pembatalan itu dilakukan lantaran perselisihan yang masih berlangsung di pemerintahan AS terkait pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko.

"Saya dengan hormat membatalkan perjalanan saya yang sangat penting ke Davos, Swiss, untuk Forum Ekonomi Dunia," cuitnya, seperti dilaporkan AFP, Jumat (11/1/2019).

Trump menyalahkan "sikap keras kepala" Demokrat karena tak meloloskan permintaannya untuk dana pembangunan tembok perbatasan sebesar 5,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp80 triliun.

Efek samping dari perselisihan itu, sebagian operasi pemerintahan AS masih ditutup, menyebabkan lebih dari 800.000 karyawan bekerja tanpa digaji.

Trump dijadwalkan tampil secara singkat pada acara Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang digelar di Davos, Swiss, yang berlangsung antara 21-25 Januari.

Sebelumnya, sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders, mengonfirmasi Trump bakal kembali hadir dalam forum tersebut.

"Presiden akan menghadiri forum itu seperti yang dilakukannya tahun lalu," kata Sanders, Rabu (19/12/2018).

Sanders mengatakan, putri sekaligus penasehat Trump, Ivanka, juga akan berpartisipasi sebagai bagian dari delegasi AS dalam pembicaraan tahunan yang diadakan di sebuah resor ski Swiss tersebut.



Editor : Nathania Riris Michico

BERITA TERKAIT