Polisi menggelar rekonstruksi perkara pembunuhan Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha oleh tersangka Christian Rudolf Tobing (36) di kamar Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat. (Foto: MPI/Irfan Ma'ruf)
Irfan Ma'ruf

JAKARTA, iNews.id - Polisi menggelar rekonstruksi perkara pembunuhan Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha oleh tersangka Christian Rudolf Tobing (36) di kamar Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat. Terungkap Rudolf sempat memeriksa CCTV di kamar apartemen sebelum melakukan pembunuhan.

Tersangka Rudolf memeragakan dirinya datang seorang diri dan bertemu seorang saksi penyedia jasa sewa kamar di apartemen. Kemudian dia masuk berjalan ke dalam apartemen menuju kamar di lantai 18 yang disewanya.

Sesampainya di dalam kamar, dia langsung melihat seluruh ruang untuk memeriksa apakah ada CCTV yang terpasang. Untuk meyakinkan dirinya, Rudolf sempat mematikan seluruh lampu di kamar. Sebab kamera CCTV umumnya mengeluarkan cahaya berwarna merah yang mudah dilihat dalam kondisi gelap. 

"Adegan tersangka menyalakan lampu senter HP miliknya dan mengecek setiap ruangan untuk memastikan tidak ada CCTV di kamar apartemen," kata penyidik, Rabu (7/12/2022).

Kemudian Rudolf pun mengarahkan cahaya lampu dari ponselnya ke langit-langit ruangan dan juga sudut-sudut dinding untuk memastikan tidak ada kamera CCTV. Setelah merasa aman, Rudolf menyalakan kembali lampu-lampu di kamar apartemen lalu menonton televisi untuk menunggu kedatangan korban.

Diketahui, Rudolf Tobing (36) tega membunuh teman dekatnya sendiri, Ade Yunia Rizabani alias Icha (36) karena dia tidak memiliki akses untuk menghabisi nyawa target utamanya. Kasus ini mengejutkan publik pada 17 Oktober 2022 saat jasad Icha ditemukan di dalam plastik di kolong Tol Becakayu.

Pembunuhan terungkap berlangsung di Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat. Rudolf membungkus jasad Icha dengan plastik tebal. Dia sempat tersenyum kepada penghuni lainnya di lift saat membawa mayat Icha dengan troli untuk dibuang.

Rudolf dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana, dan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.



Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT