ilustrasi manfaat senam irama
Shabrina Saraya

JAKARTA, iNews.id - Manfaat senam irama diketahui ada banyak macamnya. Biasanya kegiatan ini dilakukan di sekolah oleh para pelajar bersama guru. Apa saja manfaat senam irama?

Senam irama atau senam ritmik ini merupakan senam yang didasarkan pada irama. Dengan begitu, gerakan yang dilakukan sesuai dengan bunyi irama yang ada. Ini penjelasannya.

11 Manfaat Senam Irama 

  • - Mengembangkan daya tahan otot

Senam merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan menggerakan otot. Dengan melakukan senam irama, daya tahan otot dapat berkembang sehingga otot akan terlatih daya tahannya.

  • - Melatih kekuatan

Kekuatan kita dapat dilatih dengan cara mengikuti senam. Dalam senam, kita pasti melakukan gerakan-gerakan yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih kuat, baik itu dari untuk otot, tulang, maupun mental. Dengan melakukan senam, kita jadi bisa menjadi lebih tahan terhadap apapun, termasuk tahan terhadap berbagai penyakit.

  • - Baik untuk meningkatkan tenaga

Dalam senam tentu kita membutuhkan tenaga, tenaga ini merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan kita. Bahkan ketika menguap, mengunyah, dan juga bernapas, semua itu menggunakan tenaga. Sehingga tenaga sangat penting sekali dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

  • - Menjaga kelenturan

Manfaat senam irama selanjutnya adalah menjaga kelenturan. Dengan bergerak dan juga meliuk-liukkan badan, otot dan sendi yang ada di dalam tubuh kita akan ikut terlatih untuk menjadi lentur.

Kelenturan badan ini juga penting dalam kesehatan kita. Seiring bertambahnya umur, kelenturan otot akan berkurang dan menyebabkan kita sulit bergerak dan menimbulkan berbagai macam penyakit di kemudian hari.

  • - Melatih koordinasi yang baik

Gerakan senam yang sangat bermacam-macam melatih diri untuk melakukan koordinasi yang baik antaranggota tubuh. Koordinasi pada anggota tubuh ini sangat baik terutama pada anak-anak sangat baik bagi kecerdasan motoriknya, melansir buku “Anakku Belahan Jiwaku” terbitan CV Jejak.

  • - Melatih kelincahan tubuh

Dikutip dari buku “Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan” karya Muhajir, kelincahan merupakan kemampuan diri kita untuk mengatur seberapa cepat dan tangkas pergerakan tubuh. Fungsi dari kelincahan adalah untuk memaksimalkan performa kita saat melakukan kegiatan sehari-hari terutama dalam meraih prestasi di bidang olahraga.

  • - Meningkatkan keseimbangan badan

Keseimbangan badan pastinya harus kita jaga, tanpa adanya keseimbangan maka kita akan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Meningkatkan keseimbanagan badan juga berguna untuk menjaga kesehatan.

  • - Mencetak individu yang kreatif

Hal ini berkaitan dengan menciptakan gerakan-gerakan senam. Ketika menciptakan gerakan senam, kita dituntut untuk menjadi kreatif guna menghasilkan berbagai variasi gerakan senam yang kita sukai.

  • - Dapat menguasai konsep diri

Dengan mengikuti senam, kita dapat mengontrol konsep diri kita sendiri. Manfaat senam irama ini mampu mengontrol diri kita sendiri sehingga kita bisa semakin mengenali diri sendiri

  • - Menyehatkan mental

Ketika senam, kita bertemu dengan teman, menggerakan badan, dan juga mendengarkan alunan lagu. Hal-hal tersebut berguna untuk menyehatkan mental, yakni menjadi badan lebih rileks, mengurangi beban pikiran, dan meningkatkan suasana hati.

  • - Sebagai ajang dalam mencari teman baru

Kebanyakan kita melakukan olahraga senam dengan berkelompok, termasuk juga senam irama. Dengan cara berkelompok, maka kita akan bertemu dengan orang-orang baru dan akan berteman akrab dengan mereka. Mendapatkan teman baru juga baik untuk meningkatkan kebahagian dan memperluas relasi.

Itulah 11 manfaat senam irama bagi tubuh. Jangan lupa untuk dipraktikkan ya. Semangat!


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT