coba sebutkan gerakan senam lantai yang kamu ketahui
Assyifa Nurul Aini

JAKARTA, iNews.id - Coba sebutkan gerakan senam lantai yang kamu ketahui merupakan salah satu pertanyaan yang sering kali keluar dalam ujian pelajaran Olahraga. Untuk kamu yang masih belum bisa menjawabnya, simak informasinya di sini.

Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan dan telah dipertandingkan dalam olimpiade sejak tahun 1896. Senam lantai juga merupakan bagian dari senam artistik yang dilakukan dengan kombinasi terpadu. 

Sebutkan Gerakan-gerakan Senam Lantai

Dikutip dari buku ‘Sehat dan Tangkas Berolahraga’ karya Asep Kurnia Nenggala dan Irwansyah, senam lantai merupakan gerakan-gerakan senam yang harus ditunjang dengan ketangkasan, keuletan, dan keberanian dalam melakukannya. Jawaban dari coba sebutkan gerakan senam lantai yang kamu ketahui adalah sebagai berikut

  • Guling (roll) ke depan

Gerakan guling (roll) ke depan termasuk ke dalam gerakan dasar dalam senam lantai. Gerakan ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. 

-Sebagai permulaan, gerakan dapat diawali dengan sikap jongkok. 
-Kedua tangan diletakkan di samping, kepala lurus, dagu menempel di dada, kaki tetap dalam keadaan lurus.
-Setelah posisi sudah benar, tolakkan tubuh ke arah depan dengan cara membengkokkan tangan, kaki tetap rapat, kemudian berdiri.

  • Guling (roll) ke belakang

Gerakan yang kedua dalam gerakan senam lantai adalah guling (roll) ke belakang. Gerakan ini merupakan tolak belakang dari gerakan guling (roll) ke depan. Teknik yang dilakukan pada gerakan ini adalah sebagai berikut:

-Diawali dengan sikap berdiri, lalu jongkok dan letakkan tangan di samping telinga. -Rapatkan dagu ke dada. Kemudian, gulingkan ke belakang dengan cara luruskan kaki dan tolakkan tangan berdiri. 
-Dari sikap berdiri, kaki diluruskan. Bengkokkan badan dan meluruskan tangan di samping lutut. Kemudian, jatuhkan panggul ke belakang dan diterima oleh telapak tangan. Teruskan dan gulingkan ke belakang dengan bersamaan. Pindahkan tangan di samping telinga. Kaki tetap lurus dan tolakkan tangan. Kemudian berdiri. 
-Sebagai permulaan, latihan dapat diawali dengan sikap jongkok. 

  • Headstand 

Gerakan headstand merupakan gerakan senam lantai yang cukup terbilang ekstrem. Sebab berdiri dengan kepala dengan sikap tegak dan bertumpu pada kepala yang ditopang oleh kedua tangan.
Tekniknya dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

-Sikap permulaannya adalah membungkuk dan bertumpu pada dahi dan tangan. Dahi dan tangan membentuk segitiga sama sisi. 
-Kemudian, angkat tungkai ke atas satu per satu secara bersamaan. Langkah ini untuk menjaga agar badan tidak berguling ke depan, panggul ke depan dan punggung membusur.
-Gerakan diakhiri dengan sikap badan tegak dan tungkai rapat lurus ke atas. 

  • Handstand

Gerakan yang selanjutnya adalah handstand, yaitu gerakan yang hampir sama seperti sikap headstand. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

-Permulaan diawali dengan sikap berdiri tegak dan salah satu kaki sedikit ke depan. 
-Membungkukkan badan, tangan bertumpu pada matras selebar bahu lengan keras, pandangan sedikit ke depan, bokong didorong setinggi-tingginya, tungkai depan bengkok, sedangkan tungkai belakang lurus. 
-Ayunkan tungkai belakang ke atas, kencangkan otot perut. 
-Kedua tungkai rapat dan lurus, yaitu satu garis dengan badan dan lengan, pandangan di antara tumpuan tangan, badan dijulurkan ke atas. 

  • Meroda

Meroda merupakan gerakan yang dilakukan dengan memutar tubuh dari sikap menyamping dengan tumpuan gerakan pada kedua tangan dan kaki. Gerakan meroda cukup sulit dilakukan, maka perlu latihan berkali-kali. Langkah melakukannya adalah sebagai berikut.

-Pertama, berdiri tegak menyamping, kedua kaki dibuka sedikit lebar, kedua tangan lurus ke atas serong ke samping hingga menyerupai huruf v, dan pandangan ke depan. 
-Lalu, jatuhkan badan ke samping kiri, letakkan telapak tangan ke samping kiri, kemudian kaki kanan terangkat lurus ke atas. Dilanjutkan dengan meletakkan telapak tangan di samping tangan kiri. 
-Saat kaki kanan diayunkan, maka kaki kiri ditolak pada lantai, sehingga kedua kaki terbuka dan serong ke samping. 
-Kemudian, letakkan kaki kanan ke samping tangan kanan, tangan kiri terangkat dan disusul dengan meletakkan kaki kiri di samping kaki kanan. 
-Badan terangkat, kedua lengan lurus ke atas ke posisi seperti awal.

  • Kayang 

Coba sebutkan gerakan senam lantai yang kamu ketahui selanjutnya adalah kayang, Gerakan ini adalah posisi kaki bertumpu dengan empat titik dalam keadaan terbalik dan meregang sambil mengangkat perut dan panggul. Dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

-Diwali dengan berdiri, kedua tangan bertumpu pada panggul.
-Kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, dan kepala dilipat ke belakang.
-Lalu, kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matras sebagai tumpuan.
-Kemudian, akhirnya posisi badan akan melengkung seperti busur. 

  • Sikap Lilin

Sikap lilin merupakan gerakan dengan sikap tidur telentang, kemudian kedua kaki diangkat keras di atas dengan rapat secara bersamaan. Dalam melakukan gerakan sikap lilin ini dapat memperkuat otot perut yang berfungsi untuk kedua tangan menopang pinggang. Cara melakukan gerakannya adalah sebagai berikut. 

-Awali dengan tidur telentang, lalu kedua tangan di samping badan, dan pandangan ke atas.
-Kemudian, angkat kedua kaki lurus ke atas dan rapat. 
-Seluruh pundak dibantu kedua tangan menopang pada pinggang sebagai landasan. 
-Pertahankan sikap ini dalam waktu beberapa saat. 

  • Lompat Mengangkang

Lompat mengangkang adalah lompat dengan panggul ditekuk, yaitu lompatan dengan membuat sikap mengangkang tanpa meluruskan badan terlebih dahulu. Langkah-langkah gerakan lompat mengangkang adalah sebagai berikut. 

-Pertama, angkat panggul tinggi-tinggi. 
-Pada saat tangan menyentuh peti atau kuda lompat, panggul ditekuk, tangan dibuka dengan gerakan ke samping.
-Tolakan tangan kuat dengan mengangkat dada dan kepala ke arah atas. 
-Setelah kaki melewati peti lompat, luruskan badan dan rapatkan tungkai sebelum mendarat. 
-Akhiri dengan mendaratkan kedua kaki dengan rapat, dan lutut agak ditekuk. 

  • Lompat Jongkok

Gerakan senam lantai yang terakhir adalah lompat jongkok. Adapun cara melakukan lompat jongkok adalah sebagai berikut. 

-Diawali dengan lari cepat dan badan condong ke depan.
-Kedua kaki menolak pada papan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan dari belakang bawah ke depan, badan lurus, dan tungkai dipisahkan.
-Saat tangan menyentuh pada bagian pangkal kuda-kuda, segera menolak sekuat-kuatnya. Badan akan melayang di atas kuda-kuda dalam sikap lurus, lengan direntangkan, tangkai lurus dipisahkan, dan pandangan ke depan.
-Akhiri dengan mendarat dengan ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas. 
 
Demikian penjelasan gerakan senam lantai yang unsur-unsur gerakannya. Jadi, sudah tahu kan jawaban dari pertanyaan coba sebutkan gerakan senam lantai yang kamu ketahui? Selamat belajar!



Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT