Delta Hesti berpose dalam kabin mobil boks. (Foto: IG @deltahesti).
Tika Vidya Utami

JAKARTA, iNews.id – Terlahir dari keluarga miskin bukan menjadi penghalang Delta Hesti Candrapratiwi untuk menjadi sukses. Perempuan asal Surabaya tersebut sukses membangun kerajaan bisnisnya di bidang fashion garmen hingga menjadi miliarder

Melalui brand handmadeshoesby dan delvationstore, dia dan suaminya Tom Liwava mampu memproduksi aneka fashion seperti pakaian wanita, tas, sepatu dan lainnya hingga 8.000 buah per hari. 

Selain itu, dia juga mempunyai karyawan lebih dari 1.500 orang di berbagai bidang usaha. Peristiwa tersebut menjadi berita terpopuler pada Jumat (21/1/2022). Berita populer lainnya adalah Ferrari Enzo harga Rp43 Miliar ringsek tabrak pohon. 

Berikut rangkuman berita terpopuler iNews.id :

1. Kisah Delta Hesti, Lulusan SD yang Sukses jadi Miliarder Berkat Bisnis Online Shop

Terlahir dari keluarga miskin bukan menjadi penghalang Delta Hesti Candrapratiwi untuk menjadi sukses. Perempuan asal Surabaya tersebut sukses membangun kerajaan bisnisnya di bidang fashion garmen hingga menjadi miliarder. 

Melalui brand handmadeshoesby dan delvationstore, dia dan suaminya Tom Liwava mampu memproduksi aneka fashion seperti pakaian wanita, tas, sepatu dan lainnya hingga 8.000 buah per hari. Selain itu, dia juga mempunyai karyawan lebih dari 1.500 orang di berbagai bidang usaha. 

Dia tidak menyangka akan sesukses ini. Terlebih dia hanya lulusan SD. Sedangkan orang tuanya miskin. 

Pada 2010, Delta merantau ke Surabaya. Dia merantau ke Surabaya lantaran dirinya mempunyai mimpi bisa bekerja dan sukses, lalu melunasi semua utang orang tua.

Kini bisnis yang dijalankan bertambah pesat dengan omset miliaran rupiah. Delta berpesan  kepada anak-anak yang lahir dari keluarga miskin untuk tidak putus asa. Sebab dia telah membuktikan bahwa sukses yang diraih saat ini bisa juga dilakukan oleh orang lain dengan latar belakang sama atau bahkan yang lebih miskin.

2. Perempuan Manado Kembali Didakwa Perkara yang Sama

Perempuan berinisal MS (37) kembali mendapat tuntutan atas perkara yang sama. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara menuntut penjara tiga tahun terhadap terdakwa MS. 

Kasus yang disangkakan terkait pengelapan yang dilaporkan Ansar pada 7 Desember 2017.  Pada 9 Januari 2022, MS menghadapi tuntutan jaksa dalam sidang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Manado. 

Kuasa hukum dari MS, Ronald Aror mengatakan tuntutan JPU Remblis Lawendatu menjatuhkan pidana terhadap terdakwa MS dengan pidana penjara selama tiga tahun dikurangi masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa. MS pernah divonis kurungan badan atas pokok perkara yang sama atau ne bis in idem. Perkara itu sudah dilaporkan Luth Garda pada 2017.  

3. Ridwan Kamil Posting Foto Lord Rangga, Disangka Terkait Arteria Dahlan Ternyata Soal Ini

Gubernur Jawa Barat tiba-tiba memosting foto Rangga Sasana atau Lord Rangga. Tokoh Sunda Empire itu tampak menggunakan seragam kebesarannya secara lengkap sehingga postingan ini sempat membuat penasaran netizen. 

Terlebih, sedang ramai dipergunjingkan soal pernyataan Arteria Dahlan, anggota DPR dari Fraksi PDIP yang meminta Kejagung menindak tegas Kejati karena berbahasa Sunda saat rapat. 

Entah apa yang memotivasi Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat ini memosting foto Lord Rangga. Pasalnya, dalam slide foto selanjutnya Kang Emil justru menunjukkan foto soal kebijakan pemerintah tentang minyak goreng satu harga. 

Sesaat setelah foto Lord Rangga diposting, ribuan tanggapan netizen membanjiri kolom komentar akun Instagram Gubernur Jawa Barat tersebut. Netizen pun memahami postingan tersebut tidak terkait dengan polemik pernyataan Arteria Dahlan.

4. Kena PHK saat Pandemi, Pria Asal Magelang Sukses Jadi Eksportir Ubi Madu

Kena PHK saat pandemi Covid-19 tidak membuat Muhammad Choirul Umam patah semangat. Pria asal Dusun Belon, Desa Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang ini beralih profesi sebagai petani dan sukses menjadi eksportir ubi madu. 

Setelah menjadi petani, dirinya sangat senang. Sebab ketika di sawah, dirinya makan apa saja rasanya enak. Selain itu juga tidak ada yang mengatur jika sewaktu waktu ingin istirahat. 

Menjadi petani, yang mengatur waktu adalah diri sendiri. Dia memilih menjadi petani sayuran tanaman holtikultura, dan umbi umbian. Sedangkan yang paling ditekankan adalah pertanian umbi umbian dengan menanam ubi madu. Hasil panen ubi madu kini bisa diekspor ke Singapura dan Korea melalui agro expo. Awal bertanam, dirinya belajar dari petani setempat, serta sosial media. Saat ini, lahan yang dikelola untuk ditanami ubi madu luasnya sekitar 3 hektare.

5. Ferrari Enzo Harga Rp43 Miliar Ringsek Tabrak Pohon

Ferrari Enzo diambil dari nama pendiri perusahaan yaitu Enzo Ferarri. Ini merupakan salah satu flagship ikonik dari supercar dari Kota Maranello, Italia. 

Namun, salah satu unit langka tersebut mengalami kecelakaan dahsyat ketika test drive. Meski tidak ada korban yang mengalami cedera serius, namun Enzo mengalami kerusakan parah. 

Sepertinya akan menghabiskan banyak waktu dan uang di bengkel untuk perbaikan sebelum kembali ke jalan. Peristiwa tersebut terjadi, Selasa (20/1/2022), sekitar pukul 11.30 waktu setempat di wilayah Baarn, Belanda.

 Salah satu saksi melihat Ferrari melaju dengan kecepatan tinggi tiba-tiba pengemudi kehilangan kendali, membuat supercar bermesin tengah ini berputar dan menabrak pohon. Roda bagian belakang lepas dan beberapa panel bodi retak. Bahkan, semua airbag mengembang, tetapi monocoque serat karbon dan V12 yang dipasang di tengah tampaknya tidak terpengaruh. 

Berdasarkan kantor berita lokal adnl, fotografer yang kebetulan berada di lokasi melihat seorang karyawan dealer Kroymans Ferrari di dalam Enzo, menunjukkan kecelakaan itu mungkin terjadi selama test drive.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT