Ilustrasi Bendera Setengah Tiang 30 September
puti aini yasmin

JAKARTA, iNews.id - Kemendikbudristek mengeluarkan surat penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022. Dalam surat itu, terdapat aturan memasang bendera setengah tiang 30 September.

Pada poin nomor lima surat tersebut, dijelaskan setiap instansi pusat dan daerah, perwakilan RI di luar negeri, satuan pendidikan dan seluruh masyarakat diminta untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September.

Kemudian, pada 1 Oktober 2022 pukul 06.00 WIB bendera harus dikibarkan satu tiang penuh. 

Mengapa Tanggal 30 September Dipasang Bendera Setengah Tiang?

Pada tanggal 30 September diperingati sebagai hari G30S PKI atau Gerakan 30 September 1965. G30S PKI adalah peristiwa pemberontakan PKI dengan tujuan merebut kekuasaan dari pemerintah dengan menculik 6 jenderal dan 1 perwira pertama.

Para korban dibawa dan dibuang ke Lubang Buaya, Jakarta Timur. Adapun, ketujuh korbannya adalah Jenderal Ahmad Yani, R Soeprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjen S Parman, Brigjen DI Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo dan Lettu Pierre Tendean.

Sementara itu, upacara Hari Kesaktian Pancasila akan dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti pada Sabtu (1/10/2022). Dalam situasi pandemi Covid-19, kepala daerah atau lembaga di daerah mengikuti upacara secara virtual. 

Jadi, sudah pahamkan maksud pemasangan bendera setengah tiang hari ini?



Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT