Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, Simak Penjelasannya

Wikku D Nugroho
Faktor pendorong perdagangan internasional (Freepik)

3. Peningkatan Produk Lokal

Perdagangan internasional dapat dijadikan peluang bagi Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM). Para pengusaha UMKM dapat mencari peluang sebanyak mungkin untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual tinggi. 

4. Memperluas Pangsa Pasar

Perdagangan internasional dapat jadi peluang negara untuk memperluas pangsa pasar. Melakukan kegiatan ekspor ke negara lain, membuat mereka dapat meningkatkan pendapatan negara dan pelanggan baru. 

5. Penghematan Biaya Produksi

Salah satu pendorong perdagangan internasional adalah efisiensi atau penghematan biaya produksi. Negara yang menjadi eksportir memiliki keunggulan komparatif, yakni menghasilkan barang atau jasa dengan biaya produksi lebih rendah. 

Demikian faktor pendorong perdagangan internasional. Semoga bermanfaat!

Editor : Komaruddin Bagja
Artikel Terkait
Buletin
1 tahun lalu

Wamendag Beberkan Strategi untuk UMKM Go Global

Bisnis
1 tahun lalu

Bos BRI Ungkap Faktor Pendorong Laba Tumbuh Rp29,90 Triliun di Semester I 2024

Bisnis
1 tahun lalu

Luhut soal Rencana Pengenaan Bea Masuk 200 Persen: Semua Langkah Diambil Berdasarkan Kepentingan Nasional

Nasional
2 tahun lalu

Bagaimana Peran Indonesia dalam Kerja Sama Internasional terkait Hak Kekayaan Intelektual?

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal