Polisi memberlakukan ganjil genap dan one way sepanjang Tol Cikampek hingga Kalikangkung sejak pagi pada hari ini, Jumat (29/4/2022). (Foto: SINDOnews)
Carlos Roy Fajarta

JAKARTA, iNews.id - Polisi memberlakukan ganjil genap dan one way sepanjang Tol Cikampek hingga Kalikangkung sejak pagi pada hari ini, Jumat (29/4/2022). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

"Akan diberlakukan sistem ganjil genap dan one way dimulai dari Tol Cikampek KM 47 sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 Pukul 07.00-24.00 WIB," tulis akun Instagram NTMC Polri, Jumat (29/4/2022).

Sterilisasi jalur akan dilakukan dua jam sebelum sistem one way diberlakukan. Diharapkan pengguna jalan dapat mematuhi arahan petugas di lapangan.

"Sebelum dilakukannya sistem one way, tentunya akan ada pembersihan jalur dari kendaraan dari arah berlawanan. Agar tercipta perjalanan mudik yang kondusif dan lancar diharapkan untuk para pemudik mematuhi arahan petugas kami di lapangan," tulisnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan pihaknya terus mengupayakan agar kepadatan atau kemacetan lalu lintas baik di jalan tol maupun di jalan arteri bisa terurai. Hal tersebut disampaikan Listyo Sigit Prabowo di KM 48 Tol Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada Kamis (28/4/2022) malam.

"Kontrol terkait kebijakan satu arah sejak sore jam 17.00 sampai malam ini terus berlanjut. Apabila kita lihat dari laporan dan pengecekan langsung di lapangan proses saat masuk one way," ujar Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri menegaskan penerapan one way di tol menjadi prioritas. Begitu juga pengurai penyebab kemacetan di jalur arteri.

"Prioritas one way besok adalah ganjil, di jalan arteri kita harus maksimalkan, karena akan banyak pasar tumpah dan kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya. Untuk seluruh anggota kepolisian laksanakan pengamanan arus mudik sebaik-baiknya," kata Listyo Sigit Prabowo.


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT