Jemaah umrah kloter kedua berangkat hari ini (Foto: Istimewa)
Riezky Maulana

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 757 jemaah umrah Indonesia diberangkatkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada hari ini, Kamis (20/1/2022). Dengan demikian, total jemaah yang telah berangkat ke Tanah Suci sejak, Rabu (19/1/2022) berjumlah 1.448 orang. 

Berdasarkan data yang diterima MNC Portal dari Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kemenag M Noer Alya Fitra, pemberangkatan jemaah hari ini dibagi ke dalam 3 kloter. 

Kloter pertama yang berjumlah 396 orang lepas landas pada pukul 12.20 WIB siang nanti dengan menggunakan maskapai Lion Air. Sedangkan 6 jam berikutnya, atau pukul 18.20 WIB giliran kloter kedua menggunakan maskapai Qatar Airways. 

Kloter kedua ini berisikan 47 jemaah. Kemudian, kloter terakhir yang berjumlah 314 jemaah lepas landas pukul 19.05 WIB menggunakan pesawat dari Saudia Airlines

Di hari kemarin, tercatat sudah 731 jemaah yang berangkat untuk menjalani ibadah umrah. Pada jemaah juga dibagi ke dalam tiga kloter dengan masing-masing pemberangkatan menggunakan 3 jenis maskapai. 

Ketiga maskapai itu yakni, Garuda Indonesia 396 jemaah, Etihad Airways 79 jemaah, dan Saudia Airlines 305 jemaah. 

Sebelumnya, Noer Alya Fitra atau biasa disapa Nafit memperkirakan ada sebanyak 60 calon jemaah umrah yang melakukan karantina di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta pada Selasa 18 Januari 2022.

Sejumlah jamaah umrah yang tiba di Asrama Haji menggunakan konsep kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP) untuk keberangkatan umrah pada hari ini. Sedikitnya jumlah jamaah umrah yang berada di asrama haji lantaran banyak dari mereka telah melakukan skrining di hotel masing-masing.

"Sekitar 60-an. Jumlahnya hanya sedikit karena infonya mendadak," kata Nafit dalam keterangannya kepada MNC Portal, Selasa 18 Januari 2022.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT