JAKARTA, iNews.id - PT KAI menjamin pengembalian tiket hingga 100 persen bagi penumpang yang terdampak banjir Stasiun Tawang Semarang. Untuk diketahui, akibat banjir tersebut penumpukan penumpang terjadi di Stasiun Pasar Senen karena keterlambatan kereta.
Bahkan, ada beberapa KA yang terlambat hingga tujuh jam dari jadwal awal.
“KAI memberikan kompensasi berupa pengembalian tiket hingga 100 persen di luar bea pesan dengan masa pembatalan maksimal 7 hari sejak jadwal keberangkatan KA," kata Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus melalui keterangan resminya, Minggu (1/1/2023).
Lebih lanjut Joni menjelaskan, khusus untuk pelanggan yang akan naik KA dari Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol namun terhambat perjalanannya akibat banjir juga berhak mendapatkan pengembalian tiket 100 persen.
“Bagi para pelanggan yang sedang dalam perjalanan dapat langsung berkomunikasi dengan kondektur yang bertugas melalui no HP yang tertera di setiap dinding kereta. Pelanggan dapat menanyakan informasi terbaru terkait kondisi perjalanan KA yang saat ini sedang digunakan,” ucapnya.
Untuk diketahui, sejumlah perjalanan kereta mengalami keterlambatan akibat banjir setinggi 25 cm yang terjadi di Stasiun Tawang Semarang. Saat ini, pihak KAI masih melakukan berbagai upaya untuk normalisasi jalur sehingga dapat dilalui kembali oleh perjalanan kereta api.
“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanannya terganggu akibat banjir yang terjadi," kata Joni.