BATU, iNews.id - Kementerian Sosial (Kemensos) pada tahun ini menugaskan PT Pos Indonesia (Persero) untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH). Penyaluran bansos oleh Pos Indonesia dinilai lebih cepat dan tepat waktu.
"Tahun ini bansos PKH dan BPNT (bansos sembako) disalukan melalui PT Pos Indonesia selain melalui Himbara. Kelebihan penyaluran melalui PT Pos lebih cepat karena terjadwal dan masyarakat bisa mengambil di tempat sesuai jadwal," kata Hana selaku koordinator pendamping PKH Dinsos Kota Batu, Jawa Timur.
Selain keunggulan tersebut, Hana menilai penyaluran bansos oleh Pos Indonesia di komunitas maupun Kantorpos memiliki kelemahan, yaitu menimbulkan kerumunan.
"Kelemahannya menimbulkan kerumunan di balai desa sehingga ada protes dari masyarakat. Ada juga yang datang ke kantor kami mempertanyakan kenapa tidak dapat bantuan," ucap Hana.
Hana berharap pemerintah daerah bisa mengakomodir persoalan sejumlah warga yang berhak menerima bansos tapi namanya tidak tercantum di data penerima.
"Pemerintah agar lebih memperhatikan beberapa warga yang belum terdata sebagai penerima bansos agar dapat segera terakomodir. Pemerintah daerah dapat mengusulkan kepada Kemensos," ujarnya.
Hana menilai secara umum kinerja Pos Indonesia dalam memberikan pelayanan penyaluran bansos cukup baik.
"Layanan PT Pos kepada penerima bansos maupun dalam garis koordinasi kepada kami, saya rasa cukup baik karena dapat melaksanakan sesuai deadline. Harapannya ke depan, semoga bantuan ini bisa terkontrol secara maksimal. Terkait penggunaan bansos diberlakukan kontrol melalui pendamping sosial PKH maupun pendamping yang lain agar dapat terus ditingkatkan, sehingga fungsi kontrol bansos dapat benar-benar terlaksana dengan baik," tuturnya.