Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan bantuan untuk 8.000 rumah rusak akibat di Cianjur pekan depan. (Foto: Istimewa)
Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan bantuan secara langsung bagi korban gempa di Cianjur pada Senin (5/12/2022). Bantuan tersebut berupa ganti rugi rumah korban gempa Cianjur.

"Untuk rombongan pertama ini sekitar 8.000 yang nanti akan diserahkan langsung oleh bapak presiden," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Pemberian bantuan langsung oleh Presiden Jokowi, sebagai wujud memberikan semangat langsung agar para korban gempa tetap melanjutkan hidupnya.

"Ini karena untuk segera menggairahkan masyarakat. Kan kalau masyarakat sudah dapat langsung dari pak presiden, kita harapkan masyarakat segera tidak merasa kondisinya bencana lagi, tetapi sudah mulai hidup," kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan pemberian bantuan ganti rugi akan diberikan pada tahap pertama untuk 8.000 dari sekitar 60.000 rumah yang rusak akibat gempa Cianjur.

"Kita sudah melibatkan perguruan tinggi lalu Kementerian PUPR dan BNPB, utamanya perguruan tinggi yang punya fakultas teknik sipil," tuturnya.

Selain itu, Muhadjir mengatakan pemerintah juga memfokuskan pada perbaikan fasilitas umum khususnya pada sektor pendidikan.

"Sekarang sudah mulai kita tangani untuk fasum, utamanya di sektor pendidikan. Sehingga jangan sampai pendidikannya berlama-lama terbengkalai, baik nanti ada sekolah-sekolah sementara atau darurat, maupun untuk menangani sekolah-sekolah madrasah," kata Muhadjir.



Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT