Pasca Covid-19, perkembangan online marketplace dan transaksi digital di Indonesia mengalami peningkatan pesat. Data menunjukkan bahwa sepanjang bulan Ramadan tahun 2021 hingga 2023, terdapat pertumbuhan rata-rata angka transaksi belanja online sebesar 62,5 persen dan jumlah konsumen yang berbelanja online meningkat 36,5 persen.
Bahkan, diperkirakan pengguna e-commerce Indonesia setidaknya akan meningkat menjadi 99,1 juta pada 2029, dengan proyeksi pasar mencapai 79,3 miliar dolar AS.
Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Wakil Ketua II Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Tangsel, Mercy Apriyanti, menyampaikan dukungannya terhadap program ini.
"Ibu adalah pilar utama dalam keluarga dan masyarakat. Dengan memanfaatkan peluang ini, ibu-ibu bisa meningkatkan pendapatan keluarga tanpa mengurangi peran penting mereka di rumah," ucap Mercy.
"Program ini memberi akses bagi ibu-ibu untuk mempelajari keterampilan baru di sektor kuliner dan produk lokal, yang tidak hanya bermanfaat selama bulan Ramadan, tetapi juga dapat menjadi bekal jangka panjang,” katanya.
Program ABC Affiliates Program akan memberikan banyak pelatihan serta pembekalan social-commerce dan kewirausahaan kepada sekitar 1.000 ibu-ibu anggota komunitas dan PKK, mulai dari pengenalan ragam produk, pemahaman cara membuka peluang berjualan di social commerce, tips membuat konten.
Proses perekrutan dan pendaftaran dimulai sejak Bulan Februari 2025 dan akan berlanjut dengan pemberian materi pelatihan dan pembekalan hingga mendekati Hari Raya di bulan Maret 2025.