Program iNews Siang pada Rabu (7/7/2021) mengulas sejumlah isu terkini, antara lain viral penggunaan obat keras tanpa resep dokter bagi pasien Covid-19. (Foto: MNC Media)
MNC Media

JAKARTA, iNews.id – Viral resep obat yang diklaim bisa mengobati Covid-19 beredar luas. Informasi ini tak urung membuat masyarakat berbondong-bondong mencarinya.

Salah satu obat yang disebut dapat membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 itu salah satunya dexamethasone atau deksametason. Tentu saja kabar itu tak bisa dipertanggung jawabkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan sampai saat ini belum memberi rekomendasi obat apapun yang dapat menyembuhkan Covid-19. 

Konsumsi makanan bergizi dan sehat, istirahat teratur, serta mengelola stres jadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun dalam proses penyembuhan Covid-19. Selain itu, konsumsi vitamin, suplemen makanan, dan obat-obatan penunjang juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Jika harus mengonsumsi obat, itu pun harus dengan resep dokter. Terlebih obat keras golongan antibiotik, obat-obatan yang mengandung hormon buatan, dan golongan steroid seperti deksametason.

Pada pasien Covid-19, konsumsi obat tanpa resep bisa memperparah kondisi pasien atau menghambat pengobatannya.

"Konsumsi obat tanpa resep dokter pada pasien Covid-19 bisa memperberat kondisinya," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam, RA Adaninggar, Rabu (7/7/2021). 

Saksikan selengkapnya dalam iNews Siang Wilson Purba dan Bernadheta Ginting pukul 11.00 WIB langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com

#iNews #okezone #iNewssiang #okezonecom #DKIJakarta #covid19 #sindonews #sindonewscom #wilsonpurba #BernadhetaGinting


Editor : Zen Teguh

BERITA TERKAIT