KPK (foto: Ilustrasi/Ist)
Arie Dwi Satrio

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini majelis hakim bakal adil dan independen dalam menjatuhkan putusan terhadap mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin. Azis bakal divonis atas kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara yang sedang ditangani KPK, Kamis (17/2/2022).

"Kami meyakini majelis hakim dalam perkara ini adil dan independen dalam memeriksa dan memutus perkara ini," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya.

Menurut Ali, prinsip independensi hakim sangat penting dalam memutuskan sebuah perkara, termasuk perkara Azis. Pihaknya juga optimistis Azis akan dinyatakan bersalah.

"Kami optimis berdasarkan fakta hukum dan alat bukti yang sudah diperlihatkan tim jaksa KPK di depan majelis hakim, terdakwa akan dinyatakan bersalah menurut hukum. Namun mengenai hukuman tentu sepenuhnya menjadi wewenang majelis hakim," beber Ali.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta mengagendakan kembali sidang putusan untuk terdakwa Azis Syamsuddin, hari ini. Sidang putusan sempat ditunda pada Senin kemarin dan dijadwalkan kembali hari ini, lantaran dua hakim yang memimpin jalannya persidangan terpapar Covid-19.

Azis sebelumnya telah dituntut 4 tahun dan 2 bulan penjara serta denda sebesar Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan oleh tim jaksa penuntut umum KPK. Azis juga dituntut untuk dicabut hak dipilih jabatan publik/politis selama lima tahun setelah menjalani pidana pokok.

Jaksa meyakini Azis terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Azis diyakini telah menyuap mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju, terkait pengurusan sejumlah perkara yang sedang ditangani oleh lembaga antirasuah.


Editor : Reza Fajri

BERITA TERKAIT