Industri Otomotif Kian Bergantung pada Ekosistem Digital, Butuh Inovasi

Dani M Dahwilani
Peran kanal digital kian menentukan cara konsumen menilai sebuah merek, termasuk di sektor otomotif. (Foto: Ilustrasi)

Survei dilaksanakan pada periode Agustus hingga Oktober 2025 dengan menggunakan empat indikator utama. Keempat aspek tersebut meliputi Digital Rating Aspect, Digital Review Aspect, Digital Sentiment Aspect, serta Digital Engagement Aspect. Masing-masing indikator menggambarkan bagaimana konsumen merespons sebuah brand, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, di ruang digital.

Pencapaian tersebut menunjukkan bagaimana transformasi digital telah mengubah parameter keberhasilan sebuah merek. Bukan hanya soal produk yang digunakan konsumen, tetapi juga bagaimana pengalaman mereka terdokumentasi, dibagikan, dan dibaca oleh publik di platform digital. Dalam lanskap ini, kepuasan pelanggan tidak lagi bersifat individual, melainkan menjadi bagian dari ekosistem informasi yang membentuk kepercayaan pasar secara luas.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Nasional
15 hari lalu

Insight Talks Digelar di Unsoed, Mahasiswa Dibekali Pengetahuan Deteksi Scam

Mobil
18 hari lalu

Tarik Ulur Kemenperin dan Kemenko Perekonomian soal Insentif Otomotif, Industri Terombang-ambing

Mobil
18 hari lalu

Gaikindo: Industri Otomotif Harus Siap Hadapi Tahun Depan Tanpa Insentif

Mobil
28 hari lalu

Industri Otomotif Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal