Pangsa Pasar Mobil Jepang Turun, Mazda Akui Ikut Terkoreksi

Dani M Dahwilani
Mazda mengungkapkan hanya mengalami penurunan 0,12 persen market share pada Oktober 2025. (Foto: Dok)

JAKARTA, iNews.id – Sepanjang 2025, pasar otomotif di Indonesia mengalami dinamika yang kompetitif. Serbuan pasar mobil China dan belum pulihnya roda eknonomi, membuat pabrikan Jepang tertekan. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Q3 2025 dan analisis pasar otomotif lokal PwC Indonesia (2025), struktur permintaan konsumen terlihat bergeser. Beberapa segmen melemah, sementara segmen lain menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan. Fenomena ini mencerminkan perubahan preferensi konsumen Indonesia.

Kondisi ini diakui Mazda. Chief Operating Officer (COO) PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia), Ricky Thio memberikan perspektif mengenai kondisi tersebut. Menurutnya, dinamika ini menegaskan keputusan pembelian kendaraan semakin multidimensional. 

“Di Indonesia, sebagian besar orang masih menganggap mobil sebagai means of mobility, elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, banyak orang juga melihat mobil sebagai cara untuk enrich the quality of life, sejalan dengan pemikiran Mazda bahwa the joy of driving may create the joy of living,” ujar Rizky dalam keterangan persya, Selasa (16/12/2025).

Kondisi pasar pada Q3 tahun 2025 menunjukkan kompetisi yang semakin ketat. Di tengah perlambatan beberapa segmen, Mazda mengklaim menjadi salah satu brand yang mampu menjaga stabilitas performa. 

Ricky mengungkapkan Mazda hanya mengalami penurunan 0,12 persen market share pada Oktober 2025. Ini lebih rendah dibanding dari pangsa pasar beberapa pabrikan Jepang lain yang terkoreksi 2–3 persen.

Pada level retail, kontraksi sebesar 39-44 persen terjadi pada beberapa brand kompetitor asal Jepang dan Eropa di segmen kendaraan premium. Sementara Mazda berada di 29 persen. Ini ditopang performa stabil Mazda CX-5, Mazda CX-3, dan Mazda 3 Hatchback, line-up yang dikenal dengan keindahan desain dan karakter berkendara khas Mazda.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
19 hari lalu

Melantai di GJAW 2025, Mazda Bawa 4 Model Mobil Beri Pengalaman Berkendara Lebih Personal

Mobil
2 bulan lalu

Lokasi Masih Rahasia, Mazda Pastikan Pabrik di Indonesia Beroperasi Tahun Depan

Mobil
2 bulan lalu

Penjualan Mobil di 2025 Penuh Tantangan, Ini Langkah Mazda

Mobil
5 bulan lalu

Ade Rai Jadi Pemilik Pertama Mazda CX-60 di Indonesia, Ini Alasannya!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal