JAKARTA, iNews.id – Dari sebuah mimpi di tepi laut Hai Phong, lahirlah kekuatan baru di Asia Tenggara, VinFast. Kehadirannya menjadi simbol bangsa-bangsa di kawasan ini mampu menuliskan babak baru dalam sejarah dunia otomotif.
Babak paling menarik dari kisah VinFast dimulai ketika mereka menapakkan kaki di Indonesia. Bagi perusahaan ini, Indonesia bukan sekadar pasar, melainkan rumah kedua — tempat di mana mimpi hijau Asia menemukan bentuk baru.
Dukungan kebijakan pemerintah, kekayaan sumber daya alam, dan masyarakat yang kian terbuka terhadap teknologi, Indonesia menjadi tempat ekspansi VinFast. Dalam waktu singkat, merek ini telah memperkenalkan jajaran kendaraan unggulannya, yaitu VF 3, VF 5, VF 6, VF e34, dan VF 7 — semuanya dirancang sesuai dengan karakter pasar Tanah Air.
CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto menegaskan strategi mereka bukan sekadar menjual kendaraan, tetapi membangun akses seluas-luasnya bagi masyarakat.
“Program berlangganan baterai kami bukan sekadar strategi harga. Ini adalah cara untuk membuka akses kendaraan listrik bagi lebih banyak konsumen. Dengan memisahkan biaya baterai, kami bisa menurunkan harga awal secara signifikan — sebuah hambatan utama bagi banyak pengguna," ujarnya, dalam keterangan pers dilansir Senin (3/11/2025).
"Di saat yang sama, kebijakan berlangganan fleksibel tanpa batas jarak tempuh dan garansi baterai seumur hidup memberikan ketenangan penuh bagi konsumen dalam jangka panjang,” kata Kariyanto.
Kebijakan berlangganan baterai ini menjadi langkah revolusioner. Bukan hanya menurunkan harga kendaraan listrik, tapi menghapus kekhawatiran konsumen soal daya tahan dan biaya perawatan baterai.