Mengganti komponen kaki-kaki mobil sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan di jalan. (Foto: Istimewa) 
Bertold Ananda

JAKARTA, iNews.id - Mungkin Anda saat ini sedang bingung mencari referensi biaya perbaikan kaki-kaki mobil yang rusak. Mengganti komponen kaki-kaki sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan di jalan. 

Biaya yang mahal terkadang jadi penghalang pemilik kendaraan memperbaiki sektor kaki-kaki mobil. Banyak pemilik kendaraan mencari alternatif untuk reparasi dengan biaya murah, namun hasil pengerjaan maksimal. 

Sebab itu, perlu mengenali penyebab kaki-kaki mobil rusak, serta estimasi biaya perbaikan kaki-kaki mobil agar hasil maksimal.  

Penyebab kerusakan kaki-kaki 

Umumnya kerusakan kaki-kaki kerap terjadi karena penggunaan yang sembrono, antara lain menghantam lubang dalam kecepatan tinggi, menerobos genangan air, parkir dalam posisi setir tidak lurus, menghantam polisi tidur, membiarkan komponen kotor dalam waktu lama, tidak pernah melakukan spooring. Ini memperpendek usia komponen kaki-kaki mobil Anda. 

Komponen yang berpotensi rusak 

Umumnya komponen kaki-kaki mobil yang berpotensi mengalami kerusakan, yakni Shock Breaker, Rack steer, Tie Rod, Long Tie Rod, bearing kocak, Ball joint, Link stabilizer dan lainnya. Semua komponen itu sebagai penopang dalam menciptakan bantingan yang lembut dan nyaman.  

Namun, tak bisa dipungkiri juga meskipun sudah diterapkan gaya mengemudi yang benar komponen tersebut tentu memiliki usia pakai. Setiap komponen mempunyai gejala kerusakan sendiri seperti munculnya suara aneh yang terdengar sampai ke dalam kabin. 

Estimasi biaya perbaikan 

Umumnya setiap bengkel mematok harga dan ongkos pemasangan yang tak jauh beda. Perlu digarisbawahi yang menjadi pembedanya adalah merek komponsm dan jenis mobil yang digunakan.  

Mobil merek Jepang dan Eropa tentu memiliki standar harga berbeda. Ini disebabkan mobil merek Jerman memiliki komponen lebih rumit dan kompleks ketimbang mobil Jepang. 

Estimasi perbaikan mobil Jepang pada bengkel spesialis berada di rentang harga mulai dari Rp1,2 - Rp1,6 jutaan. Sementara mobil Eropa lebih mahal di kisaran harga Rp2-4 jutaan. Perbaikan tersebut biasanya mencakup peredaman karet seperti Tie Rod, Long Tie Rod, bearing kocak, Ball joint. 

Untuk bushing, shockbreaker serta rack steer belum termasuk pada estimasi biaya. Sebab ketiga komponen tersebut memiliki harga yang relatif lebih mahal dan tergantung merek.

Jika perbaikan dan pergantian dilakukan semua di bengkel resmi biaya bisa mencapai Rp20 jutaan. Itu untuk model mobil Jepang menengah ke bawah. Untuk mobil Eropa jauh lebih dari itu.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT