Saat ini ada banyak perusahaan otobus (PO) yang menawarkan armada double decker mewah. (Foto: Instagram)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Saat ini ada banyak perusahaan otobus (PO) yang menawarkan armada double decker mewah. Bus dua tingkat ini sedang digandrungi busmania

Bus double decker mampu memuat penumpang lebih banyak dan luas dari bus single decker. Bahkan, ada bus double decker yang bisa mengangkut lebih dari 60 penumpang sekali jalan.

Nah, PO bus apa saja yang memiliki armada double decker termewah? Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/6/2022), berikut deretannya. 

1. Rosalia Indah

PO bus yang berkantor pusat di wilayah, Karanganyar, Jawa Tengah sudah tidak asing lagi di telinga busmania. Rosalia Indah sudah eksis di dunia perbusan sejak 1983.

PO Rosalia Indah dikenal sebagai bus premium dengan layanan eksekutif non ekonomi. Rosalia Indah memiliki armada double decker lengkap dengan pramugari yang melayani penumpang. 

2. Harapan Jaya

PO Harapan Jaya juga punya armada double decker. Adapun unit yang digunakan adalah Scania Double Decker K 410 IB. 

Bus double decker Harapan Jaya menawarkan fasilitas yang memanjakan penumpang. Mulai dari kursi yang nyaman, wifi gratis, fitur hiburan seperti TV, toilet, hingga area khusus merokok. Bus ini memiliki kelas sleeper seat, super luxury plus seat, dan executive plus seat.

3. Agra Mas

Selanjutnya ada Agra Mas. PO bus yang bermarkas di Jakarta itu ini memiliki armada double decker yang disebut sebagai Super Double Decker untuk memberi kenyamanan kepada penumpang.

Bus double decker Agra Mas memiliki konfigurasi bangku 2-2. Sejumlah fasilitas penunjang juga dihadirkan, mulai dari recleaning seat, bantal dan selimut, TV, AC, lampu baca, hingga charge station.

4. Borlindo

PO Borlindo yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan juga tak ketinggalan menghadirkan armada bus double decker untuk penumpang setianya. Armada ini baru dirilis beberapa hari lalu.

Borlindo menggunakan bus double decker buatan karoseri Tentrem. Bus double decker ini menggunakan bodi Tentrem Avante D2 yang sebelumnya juga digunakan oleh PO Harapan Jaya.

5. Lorena-Karina 

Lorena-Karina merupakan salah PO bus tertua di Indonesia. Sebagai senior, PO bus yang satu ini jelas memiliki armada double decker dengan jumlah terbanyak di Indonesia.

Lorena punya armada double decker menggunakan chassis Mercedez-Benz OC 500 RF 2542 triple axle buatan karoseri Adiputro Malang. Lorena-Karina menghadirkan layanan bintang lima di bus ini.



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT