Seorang saksi melihat Ferrari Enzo melaju dengan kecepatan tinggi tiba-tiba pengemudi kehilangan kendali, membuat supercar bermesin tengah ini berputar dan menabrak pohon. (Foto: IG european_carshots)
Dani M Dahwilani

AMSTERDAM, iNews.id - Ferrari Enzo diambil dari nama pendiri perusahaan, Enzo Ferrari. Ini adalah salah satu flagship paling ikonik supercar dari Kota Maranello, Italia. Namun, salah satu unit langka tersebut mengalami kecelakaan dahsyat saat test drive. 

Meskipun tidak ada korban yang mengalami cedera serius, Enzo mengalami kerusakan parah. Sepertinya akan menghabiskan banyak waktu dan uang di bengkel untuk perbaikan sebelum kembali ke jalan.

Peristiwa tersebut terjadi, Selasa (20/1/2022), sekitar pukul 11.30 waktu setempat di wilayah Baarn, Belanda, yang juga dikenal dengan nama Amsterdamsestraatweg. Seorang saksi melihat Ferrari melaju dengan kecepatan tinggi tiba-tiba pengemudi kehilangan kendali, membuat supercar bermesin tengah ini berputar dan menabrak pohon.

Akibatnya bagian roda bekang lepas dan beberapa panel bodi retak. Bahkan, semua airbag mengembang, tetapi monocoque serat karbon dan V12 yang dipasang di tengah tampaknya tidak terpengaruh.

Menurut kantor berita lokal adnl, seorang fotografer yang kebetulan berada di lokasi melihat seorang karyawan dealer Kroymans Ferrari di dalam Enzo, menunjukkan kecelakaan itu mungkin terjadi selama test drive. Sumber lain mengklaim seorang mekanik mengemudikan mobil, tetapi belum ada yang dikonfirmasi karena juru bicara Kroymans Ferrari menolak mengomentari insiden tersebut.

Nama dealer juga terlihat pada pelat nomor yang dilepas sebelum supercar tersebut diangkut ke truk derek. Tidak mengherankan, tidak ada Enzo yang terdaftar di inventaris dealer.

Enzo adalah salah satu Ferrari paling ikonik, dengan 400 unit diproduksi antara 2002 dan 2004. Selama 20 tahun produksinya dimulai, kami memiliki lebih sedikit contoh Enzo yang tertinggal di jalan karena beberapa di antaranya terlibat dalam kecelakaan. 

Nilai supercar Italia ini terus meningkat dengan contoh penjualan 3 juta dolar AS (sekitar Rp43 miliar) dalam lelang baru-baru ini. Ini membuat Enzo layak dijaga meskipun tagihan perbaikan sangat mahal – membuat perusahaan asuransi tidak bahagia. 


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT