“Kami terus mengembangkan dan berinovasi untuk menghadirkan kendaraan yang tepat sesuai dengan segmentasi bisnis para pengusaha di Indonesia, atau kami menyebutnya best fit product. Pencapaian Hino di Tanah Air yang mampu memimpin pasar medium duty truck, karena terbukti tangguh dan meningkatkan keuntungan di tangan konsumen,” ujarnya, dalam Diskusi Panel di GIIAS 2022, Jumat (19/8/2022).
Selain market leader di kelas truk medium duty truck dengan lebih dari 50 persen market share, Hino juga merupakan pemimpin pasar bus di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo sampai Juli 2022, Hino menguasai 51 persen market share.
COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo memandang setelah pandemi Covid-19 mulai terkendali dan pelonggaran dilakukan di berbagai tempat, bisnis transportasi dan pariwisata kembali menggeliat. "Permintaan bus saat ini kembali tumbuh. Penjualan meningkat seiring dengan kembali normalnya aktivitas masyarakat," ujarnya.
Di GIIAS 2022, Hino menampilkan salah satu unit bus Euro 4 terbaru, yaitu Hino GB 150 AT. Bus bertransmisi otomatis ini menyasar segmen bus pariwisata, bus rapid transit, atau transportasi di dalam kota, dengan pengoperasian stop and go.
Hino juga memamerkan future product, yaitu truk listrik Hino Dutro Z EV dan Hino200 series. Khusus Hino 200 Series, rencananya akan menjadi line up Hino di segmen kategori 1 pickup. Model ini melengkapi line up Hino sebelumnya, yakni kategori 2 light duty truck (LDT), kategori 3 medium duty truck (MDT) dan kategori 5 heavy duty truck (HDT).
Hino 200 Series memiliki dimensi panjang sekitar 3 meter, wheelbase 2.545 mm dan GVW 3.4 ton. Tenaga yang dihasilkan 144 PS/3.400 rpm dengan mesin Euro 4 dan transmisi 5-percepatan.