STUTTGART, iNews.id - Meskipun sebutan E-Class pertama kali muncul pada 1993 untuk generasi W124, mobil eksekutif Mercedes-Benz ini sebenarnya memiliki sejarah panjang sejak 1926. Bagaimana perjalanan mobil ini?
Dilansir dari Carscoops, (Minggu 23/8/2010), saat Mercedes-Benz baru terbentuk, perusahaan meluncurkan tipe 8/38 PS (W02), dan dinamai Stuttgart 200 dua tahun kemudian. Rentangnya termasuk 200 (W21), 230 (W143) dan 260 D (W138), masing-masing diluncurkan pada 1933, 1936 dan 1936, terakhir menjadi mobil penumpang pertama di dunia yang didukung mesin diesel.
1946-1955: 170 V sampai 170 DS
Setelah Perang Dunia II berakhir, perusahaan melanjutkan produksi mobil penumpang pada 1946 dengan model 170 V. Model ini sebenarnya diproduksi pada 1936, tetapi ditingkatkan untuk digunakan untuk layanan penyelamatan, polisi, dan pedagang.
Satu tahun kemudian, saloon yang sesuai diluncurkan sebagai merek mobil pasca-perang pertama, dengan mesin 38 HP, yang ditingkatkan menjadi 44 HP hingga 1950.
Perkembangan lebih lanjut menyebabkan perluasan seri. Diesel 170 D keluar pada 1949, awalnya dengan 38 HP dan dari 1950 dengan 40 HP. 170 S Saloon, dengan bodi baja dan mesin 52 HP, yang juga tersedia sebagai Cabriolet A dan Cabriolet B, bergabung dengan jajaran ini dan bertindak sebagai model top-of-the-line, hingga model enam silinder 220 dan 300 diperkenalkan.
Mercedes 170 DS Diesel 40 HP diluncurkan pada 1952, dan diikuti tahun berikutnya 170 S-V dan 170 S-D yang berproduksi hingga 1955.
1952-1962: Mercedes-Benz Ponton dan Kisah 'Erlkonig'
Pada 1952, majalah Jerman 'Das Auto, Motor und Sport' menerbitkan gambar model 180 prototipe, disertai dengan parodi balada 'Erlkonig' Goethe, dan sejak itu, kata tersebut menjadi identik dengan scoop dalam bahasa Jerman.
Model empat pintu menandakan dimulainya era baru, saat sedan "gaya ponton" keluar pada 1953 dengan desain three box, aerodinamika yang ditingkatkan, dan mesin 1.9 liter yang menghasilkan tenaga 52 HP, yang kemudian ditingkatkan menjadi 65 dan 68 HP. Model six-pot diluncurkan pada 1954, bersama dengan varian diesel 180 D, ditawarkan dengan tenaga 40 HP pada awalnya, kemudian ditingkatkan jadi 43 HP dan 48 HP, masing-masing dari 1955 dan 1961.