Jajaran mesin juga ekstensif, dengan output berkisar antara 55 dan 177 HP, dan itu termasuk turbodiesel 125 HP, 300 TD dengan turbocharger gas buang. Suspensi depan double wishbone, kolom safety steering, tangki bahan bakar terlindungi dari benturan, cruise control opsional, ABS, airbag pengemudi, dan power assisted steering juga tersedia.
123 membuktikan kredensial balapnya di reli London-Sydney, dengan dua model 280 Es meraih dua tempat pertama, dan dua lainnya finis di sepuluh besar.
Mercedes juga bereksperimen dengan bahan bakar alternatif, seperti listrik, hidrogen, dan LPG, pada generasi E-Class.
1984-1997: Mercedes-Benz E-Class Pertama
Lebih beragam dari sebelumnya, generasi ini ditawarkan dalam empat model bodi, yaitu sedan, estate, coupe, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, cabriolet, plus varian wheelbase panjang dan model khusus lainnya.
Mesin bensin dan diesel tersedia untuk seri model 124, mulai dari 72 hingga 326 HP di 500 E yang memulai debutnya pada 1990. E 60 AMG diluncurkan pada 1993 dan meningkatkan taruhannya dengan mesin 381 HP, sementara fitur-fitur, seperti sistem penggerak empat roda 4Matic dan suspensi belakang independen multi-link diperkenalkan.
Sejalan dengan C-Class yang lebih kecil dan S-Class yang lebih besar, 124 dijuluki E-Class pada Juni 1993, saat facelift siklus paruh waktu model diluncurkan.
Pada saat produksi berakhir, Mercedes telah membangun 2.737.000 unit dari model seri 123, termasuk 2.213.000 sedan, sekitar 340.000 estate, 140.000 coupe dan 34.000 cabriolets.
1995-2002: E-Class Lampu Depan Ganda
Diluncurkan pada 1995, E-Class generasi kedua membawa desain lampu utama ganda dan tiga kelas peralatan bernama Classic, Elegance, dan Avantgarde. Jajaran mesin termasuk sejumlah besar unit bensin dan diesel, dengan output antara 95 dan 347 HP di E50 AMG, dan varian estate juga tersedia.
2002-2009: Evolusi
Model W211 meluncur dari jalur perakitan dengan gaya evolusioner, keamanan yang lebih pasif dan aktif, lampu depan bi-xenon, AC otomatis, wiper penginderaan hujan dan banyak lainnya, karena ini dibuat di era modern. Sorotan lainnya termasuk suspensi independen depan empat tautan dan belakang multi-tautan, suspensi udara, dan ESP.
Pada New York Auto Show 2006, iterasi facelift memulai debutnya, dengan banyak hal baru, termasuk E63 AMG bertenaga 514 HP
2009-2016: Lebih Banyak Evolusi, Tanpa Revolusi
E-Class disempurnakan lebih lanjut untuk generasi W212, yang ditunjukkan pada awal 2009, dengan evolusi lebih lanjut dari bahasa desain, peningkatan lebih aerodinamis dan teknis, serta pilihan mesin modern yang diunggulkan 525 HP dari model E63 .
2016-2020: E-Class Terbaru
E-Class generasi kelima dihadirkan di Detroit Auto Show 2016, dengan desain Rusia, komunikasi mobil-ke-mobil yang canggih, integrasi smartphone, sistem infotainment baru, dan banyak perlengkapan keselamatan. Estate diperkenalkan setengah tahun kemudian, serta coupe dan cabriolet mengikuti pada 2017. Sementara seluruh jajarannya mengalami perubahan tampilan pada awal tahun ini.