Toyota Kuasai Market Share 33 Persen di NTB, Avanza Mendominasi

Dani M Dahwilani
Toyota menguasai market share 33,2 persen, menjadikannya merek dengan penjualan terbesar di Provinsi NTB. (Foto: iNews id)

LOMBOK, iNews idToyota membuktikan dominasinya di pasar otomotif Nusa Tenggara Barat (NTB). Memasuki periode year-to-month (YTM) Oktober 2025, mereka menguasai market share sebesar 33,2 persen, menjadikannya merek dengan penjualan terbesar di provinsi ini. 

Capaian tersebut tak lepas dari peran strategis Krida Toyota, dealer resmi yang telah mengakar kuat di NTB sejak 1973. Selama lebih dari lima dekade, Krida Toyota tumbuh menjadi ekosistem terpadu yang menghubungkan mobilitas, lingkungan, dan gaya hidup modern masyarakat NTB. 

Kusnadi, owner dan diirektur Krida Toyota NTB mengatakan jaringan layanan Krida Toyota menjadi salah satu yang paling lengkap di NTB. Melalui Toyota Service and Parts (SP), layanan after-sales tersedia di Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, hingga Bima. Fasilitas dealer turut mendukung kebutuhan mobilitas modern, mulai dari charging spot untuk kendaraan elektrifikasi, ruang tunggu nyaman, hingga GR Zone yang memamerkan lini Toyota GAZOO Racing.

"Tidak berhenti di situ, Krida Toyota juga menghadirkan Krida Space, area lifestyle dengan sajian kopi Expat Roasters yang menjadikannya destinasi hangout dan co-working favorit masyarakat lokal. Konsep ini membuat dealer bertransformasi menjadi ruang publik yang menyenangkan, bukan sekadar tempat membeli mobil," ujarnya, dalam rangkaian acara Toyota Media Eco Journey & GR Track Day 2025, Senin (1/12/2025). 

Dukungan Krida Toyota terhadap motorsport nasional juga berjalan kuat melalui kolaborasi intens dengan Sirkuit Internasional Mandalika. Event seperti Krida Agya Track Showdown, Agya Arrive and Drive, hingga Krida Fun Track Day memberi pelanggan kesempatan langka menjajal kendaraan langsung di sirkuit internasional tersebut. Pengalaman eksklusif ini memperkuat loyalitas dan kedekatan komunitas otomotif NTB dengan Toyota.

Dari sisi penjualan, Toyota Avanza menjadi tulang punggung dengan kontribusi 22 persen, disusul Rush 11 persen, Agya 10,3 persen, Hilux 4x4 dan Kijang Innova masing-masing 9,7 persen. Sementara di segmen elektrifikasi, Innova Zenix HEV mencatat pertumbuhan penjualan 12 persen sepanjang 2025.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
7 hari lalu

Toyota Luncurkan 2 Mobil Listrik Produksi Lokal New bZ4X dan Urban Cruiser di GJAW 2025, Harga Rp700 Jutaan

Mobil
10 hari lalu

Gebrak GJAW 2025, Toyota Luncurkan Veloz Hybrid Dibanderol Rp299 Juta

Mobil
12 hari lalu

Penjualan Mobil LCGC Naik pada Oktober 2025, Ini yang Mendominasi

Mobil
17 hari lalu

Masih Bertengger di Posisi Kedua, Penjualan Daihatsu Oktober 2025 Tembus 12.196 Unit 

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal